Muhammad, Hizbul Muflihin (2022) Manajemen Supervisi Pendidikan. Jurnal Sustainable, 5 (2). pp. 447-456.
|
Text
document (20).pdf Download (277kB) | Preview |
Abstract
Kepala sekolah sebagai pucuk pimpinan kedudukannya menjadi sangat strategis bagi terwujudnya sekolah yang berkualitas, apalagi perannya sebagai supervisor. Supervisi sebagai salah satu tugas kepala sekolah. perlu dilakukan untuk tujuan mengawasi, mengevaluasi kinerja, membimbing, serta memotivasi tenaga pendidik untuk senantiasa mampu melakukan perbaikan, menjaga mutu dan pengembangan proses pembelajaran yang lebih baik. Hal ini artinya maju tidaknya suatu lembaga pendidikan ditentukan oleh peran kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya sebagai supervisor. Supervisi pendidikan selayaknya dilakukan atas dasar kerjasama, partisipasi dan kolaborasi bukan karena paksaan, sehingga guru akan rela menerima saran dan pendapat serta masukan dari supervisor untuk perbaikan proses pembelajaran. Supervisi yang berikan oleh kepala sekolah selain dapat membantu guru dalam menciptakan situasi dan iklim pembelajaran yang bermutu, juga dapat membantu anak dalam mencapai kedewasaannya; yaitu membuat anak didik sanggup mengambil keputusan sendiri dan bertanggung jawab sendiri. Untuk mewujudkan hal dimaksud, maka supervisi tidak bisa dilaksanakan tanpa perencanaan dan pemilihan pendekatan yang tepat dan tanpa didasarkan prakiraan manfaat yang dapat diambil oleh guru atau tenaga kependidikan lainnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | supervisi; kepala sekolah; mutu pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 05:38 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 05:38 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18575 |
Actions (login required)
View Item |