Faridatun Nida, 102331067 (2014) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 1 SOKARAJA KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (399kB) | Preview |
|
Text
Faridatun Nida_PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan karakter menjadi sangat penting dalam upaya menanggulangi kemerosotan bangsa dimasa mendatang, karena bangsa yang besar dilihat dari kualitas atau karakter manusia bangsa itu sendiri. Oleh karena itu, pendidikan karakter harus menjadi program utama yang harus dijalankan dan diintegrasikan terutama dalam lingkup pendidikan formal. Skripsi ini dilatarbelakangi dengan adanya penggunaan RPP aksi berkarakter dan SMP Negeri 1 Sokaraja mendapatkan juara II tingkat profinsi sebagai sekolah yang mengembangkan pendidikan berkarakter, adanya hubungan yang harmonis antar warga sekolah, selain itu peserta didik juga mempunyai religuitas yang baik. Persoalan yang akan dikaji dalam penelitian adalah bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Sokaraja Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitiannya kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan Untuk menganalisis data adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian ini, bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Sokaraja diintegrasikan melalui pembelajaran di kelas, pengembangan budaya sekolah (kegiatan rutin meliputi berjabat tangan ketika akan masuk sekolah dan jika bertemu guru, berdo’a sebelum dan sesudah pelajaran, tadarus al- Qur’an, menerapkan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan, simpatik), shalat dhuha dan shalat dhuhur, kegiatan jum’at sehat dan jum’at bersih, upacara bendera, kegiatan spontan meliputi pengumpulan dana untuk orang tua peserta didik yang meninggal dunia dan bencana, keteladanan meliputi menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya, bersikap sopan pada sesama warga sekolah ataupun tamu yang datang kesekolah, selalu memperhatikan kerapian diri maupun lingkungan, berangkat sekolah tepat waktu,, pengondisian meliputi ketersediaan toilet yang bersih, lingkungan sekolah yang nyaman penuh dengan tamanan hijau, tempat sampah yang tersedia disetiap ruangan atau depan kelas, poster kata-kata bijak yang dipajang disetiap kelas dan di lorong sekolah), kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yaitu baca tulis al-qur’an dan qiro’ah, kegiatan kokurikuler dan penanaman kedisiplinan. Kata kunci: Pendidikan Karakter
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Indah Wijaya Antasari |
Date Deposited: | 09 Dec 2016 03:19 |
Last Modified: | 09 Dec 2016 03:19 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1842 |
Actions (login required)
View Item |