HUSNIYATI, NIM. 092331111 (2014) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI BIAH ISLAMIYYAH DI SMP AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
Text
HUSNIYATI_IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI BIAH ISLAMIYYAH DI SMP AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan agama Islam merupakan usaha sadar dan terencana untuk mencetak generasi muda (peserta didik) yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, dilihat dari nilai-nilai pendidikan agama Islam yang meliputi nilai-nilai ibadah dan akhlak. Namun kenyataan sekarang nilai-nilai pendidikan agama Islam kurang dapat diamalkan oleh peserta didik. Maka digagaslah beberapa cara untuk dapat mengamalkan nila-nilai pendidikan agama Islam, salah satunya melalui biah Islamiyyah (lingkungan Islami). Biah Islamiyyah merupakan lingkungan yang diciptakan sebagai wadah untuk mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan agama Islam kepada peserta didik. Persoalan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui biah Islamiyyah kepada peserta didik putri di SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reasearch) dan penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian kualitatif-deskriptif. Data primer dan skunder diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa Nilai-nilai pendidikan agama Islam yang diimplementasikan kepada peserta didik putri mencakup nilai ibadah dan akhlak, akhlak kepada diri sendiri, orang lain, dan lingkungan. Nilai ibadah meliputi: wudhu, shalat dzuhur berjama’ah, shalat sunat qabliya dan ba’diya dzuhur, iqamat, dzikir dan doa, muraja’ah Al-Qur’an jus 29, shalat dhuha, dan infak. Nilai akhlak kepada diri sendiri, meliputi: disiplin, berani, tanggung jawab, jujur. Akhlak kepada orang lain: menjalin persaudaraan dan kasih sayang, kerjasama dan tolong menolong, pemurah, pemaaf, dan penyantun. Akhlak kepada lingkungan (menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekolah, dan menjaga tanaman). Nilai-nilai pendidikan agama Islam tersebut diimplementasikan di dalam biah Islamiyyah putri, menggunakan 6 (enam) metode yaitu: metode keteladanan, nasehat, pengawasan, ganjaran (reward), hukuman dan pembiasaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dan Biah Islamiyyah. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Restu Umar Fauzi |
Date Deposited: | 24 Nov 2016 02:08 |
Last Modified: | 24 Nov 2016 02:08 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1673 |
Actions (login required)
View Item |