PENGELOLAAN RETRIBUSI PASAR UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada Pasar Segamas Purbalingga)

Rizki Samarotin, 1123203057 (2015) PENGELOLAAN RETRIBUSI PASAR UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada Pasar Segamas Purbalingga). Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
RIZKI SAMAROTIN_PENGELOLAAN RETRIBUSI PASAR UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada Pasar Segamas Purbalingga).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER. BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Retribusi pasar atau retribusi pelayanan pasar adalah fasilitas pasar tradisional/sederhana berupa pelataran, los yang dikelola pemerintah daerah, dan khusus disediakan untuk pedagang, tidak termasuk yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah, dan pihak swasta. Dalam distribusi terdapat proses pendapatan dan pengeluaran. Pada Pasar Segamas setiap harinya dipungut retribusi pasar bagi pedagang yang menggunakan tempat untuk berdagang. Pengenaan retribusi pasar berbeda bagi setiap pedagang, hal tersebut disesuaikan dengan jenis dan ukuran tempat dagang yang digunakan. Setiap pedagang yang telah membayar retribusi pasar maka akan mendapatkan pelayanan sesuai dengan tarif yang dikenakan. Adapun pelayanan yang diberikan oleh pasar kepada pedagang yaitu berupa pelayanan kebersihan, keamanan dan ketertiban, dan hidran air. Dan dalam memenuhi semua kebutuhan pasar seperti untuk perbaikan sarana dan prasarana, Pasar Segamas menggunakan dana anggaran tahunan yang diajukan kepada pemerintah daerah. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengelolaan retribusi pasar untuk meningkatkan pelayanan public perspektif ekonomi Islam pada Pasar Segamas Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitiannya kualitatif. Dalam penelitian yang penulis lakukan subjek penelitian adalah Kepala UPTD Pasar Segamas, pedagang, pengunjung, serta staf karyawan. Sedangkan objek penelitian ini adalah pengelolaan retribusi pasar untuk meningkatkan pelayanan publik perspektif ekonomi Islam pada Pasar Segamas Purbalingga. Adapun metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan untuk menganalisis data yaitu menggunakan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan retribusi pasar pada Pasar Segamas sudah menerapkan nilai-nilai ekonomi Islam. Hal ini dapat dilihat dalam pelaksanaannya baik dari pemungutan ataupun pendistribusian hasil retribusi pasar pada Pasar Segamas sudah sesuai dengan aspek keadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Retribusi Pasar, Untuk Meningkatkan Pelayanan Publik, Perspektif Ekonomi Islam.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 17 Nov 2016 01:59
Last Modified: 17 Nov 2016 01:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1584

Actions (login required)

View Item View Item