M. FATKHUL BARI, NIM. 102331053 (2015) PEMBINAAN RELIGIUSITAS SANTRI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) AL-AMIN PABUARAN PURWOKERTO UTARA BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
Text
M. FATKHUL BARI_PEMBINAAN RELIGIUSITAS SANTRI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) AL-AMIN PABUARAN PURWOKERTO UTARA BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) |
||
|
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf Download (340kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan akan dasar keagamaan harus diberikan kepada anak sedini mungkin, oleh karena itu anak sangat membutuhkan pendidikan, binaan, arahan serta bimbingan dari berbagai pihak baik dari keluarga, masyarakat dan juga lembaga pendidikan. Tujuan dari bimbingan dan pembinaan tersebut adalah agar kebribadian dan fitrah keberagamaan yang ada pada diri seorang anak bisa terarah dengan baik dan sesuai dengan tuntunan ajaran agama. Oleh karena itu pendidikan akan dasar keagamaan harus diberikan kepada anak sedini mungkin. Karena pendidikan yang dilakukan sejak dini akan lebih mengena dan meresap dalam jiwa anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembinaan religiusitas santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Amin Pabuwaran Purwokerto Utara banyumas. Maksud dari judul penelitian ini adalah penelitian tentang usaha yang dilakukan oleh TPQ melalui kegiatankegiatan religius dalam membina dan meningkatkan sikap yang kuat pada diri anak/santri dalam memeluk dan menjalankan ajaran agama, serta sebagai cerminan dirinya atas ketaatannya terhadap ajaran agama yang dianut melalui kebiasaan, keteladanan, yang ditiru dari ustadz/ustadzah di TPQ. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitiannya kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah ketua TPQ dan ustadz/ustadzah TPQ Al-Amin Pabuaran Purwokerto Utara Banyumas. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisa data yang digunakan adalah analisa deskriftif kualitatif yaitu terdiri atas tiga alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tekhnik ini digunakan sebagai acuan untuk penulisan hasil penelitian untuk mempermudah dalam memahami deskripsi yang disajikan sebagai hasil akhir dari penelitian sehingga dapat memberikan pemahaman yang semestinya. Dari hasil penelitian dan pembahasan, peneliti memperoleh hasil penelitian bahwa pelaksanaan pembinaan religiusitas santri yang diupayakan oleh ustadz/ustadzah TPQ Al-Amin Pabuwaran Purwokerto Utara Banyumas adalah dengan menggunakan metode pembiasaan, keteladanan, cerita, demonstrasi dan metode nasihat
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Religiusitas, Santri, Pembinaan, Santri |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Restu Umar Fauzi |
Date Deposited: | 14 Nov 2016 08:10 |
Last Modified: | 14 Nov 2016 08:10 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1547 |
Actions (login required)
View Item |