Gita, Anwar (2022) IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS MA'ARIF NU 11 PURBASARI. Skripsi thesis, UIN Saizu Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka (1).pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
GITA ANISA ANWAR_IMPLEMENTASII LENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB I MTS MA'ARUF NU11PURBASARI.pdf Download (970kB) | Preview |
Abstract
Kondisi pandemi saat ini mewajibkan kita untuk melakukan kegiatan di rumah saja, termasuk kegiatan belajar siswa di sekolah MTs. Seiring berjalanya waktu, pandemi ini mulai surut sehingga siswa diperbolehkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka menggunakan protokol kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran blended learning dalam mata pelajaran bahasa arab kelas VII A di MTs Ma’arif NU 11 Purbasari. Penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dari kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian di analisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan.Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pembelajaran yang diterapkan guru bahasa arab kelas VII A menggunakan model blended learning, dimana dalam pelaksanaanya menggunakan pembelajaran daring dan tatap muka. Pembelajaran ini dilakukan dengan menyusun perencanaan silabus, dan RPP. Sedangkan pelaksanaanya pada pembelajaran daring menggunakan group whatsapp,dan youtube dan Buku LKS Bahasa Arab sebagai media pembelajaran tatap muka. Pelaksanaan pembelajaran baik daring maupun tatap muka meliputi kegiatan awal. Inti, dan penutup. Evaluasi yang dilakukan guru berupa penilaian tertulis dan penilaian praktik. Keberhasilan blended learning didukung oleh beberapa faktor yaitu berasal dari pemerintah, guru, dan orang tua. Meskipun terdapat hambatan dalam pembelajaran blended learning berupa susahnya koneksi atau jaringan, perangkat HP tidak memadai, kurangnya motivasi belajar siswa, penggunaan HP secara bersamaan dengan teman, kerjasama guru dengan orang tua, pemberian rewerd kepada siswa, dan pelatihan kegiatan pembelajaran blended learning secara mandiri. Kata Kunci: Blended Learning, Pembelajaran Bahasa Arab
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Kata Kunci: Blended Learning, Pembelajaran Bahasa Arab |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 400 Language > 407 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Gita Anisa Anwar |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 03:43 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 03:43 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15299 |
Actions (login required)
View Item |