PENGARUH LABEL HALAL SEBAGAI SIKAP RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE (STUDI KASUS MAHASISWA UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO)

Ari, Melina (2022) PENGARUH LABEL HALAL SEBAGAI SIKAP RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE (STUDI KASUS MAHASISWA UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ari Melina_Pengaruh Label Halal Sebagai Sikap Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Skincare (Studi Kasus Mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Banyak faktor yang dapat menjadi pertimbangan seorang muslim dalam membeli produk skincare diantaranya adalah label halal serta religiusitas. Pembahasan dalam penelitian ini adalah permasalahan kesadaran halal yang masih rendah dalam menggunakan produk-produk skincare terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto yang dibuktikan dengan kurangnya memperhatikan adanya label halal pada kemasan produk skincare. Hal demikian bertentangan dengan teori hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa semakin tinggi tingkat religiusitas dan label halal seseorang, maka akan semakin tinggi pula keputusan pembelian yang dilakukan oleh seseorang tersebut dalam mengkonsumsi suatu produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh label halal sebagai sikap religiusitas terhadap keputusan pembelian skincare pada mahasiswa UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa aktif UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto dengan sampel penelitian sebanyak 100 responden yang dihitung menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan sebesar 10% menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi yaitu dengan melakukan pengamatan apakah mahasiswa dalam membeli produk skincare melihat adanya label halal atau tidak, kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa UIN Prof K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, dokumentasi yaitu dengan mencari data-data tentang gambaran umum UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Pada penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis jalur (path analysis) yang merupakan penjabaran dari analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan jika F hitung > F tabel yaitu 352,977 > 3,94 dan sig. 0,000 < 0,05 yang artinya label halal melalui religiusitas berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Nilai R square sebesar 0,879 yang artinya label halal melalui religiusitas mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 87,9% dan sisanya 12,1% dijelaskan variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Hasil penelitian diketahui bahwa religiusitas memberikan pengaruh mediasi yang sempurna (full mediated) karena label halal tidak mampu mempengaruhi keputusan pembelian tanpa melalui religiusitas. Sehingga dapat dikatakan bahwa konsumen yang memiliki religiusitas rendah tidak akan mempedulikan apakah produk yang mereka konsumsi diperbolehkan atau dilarang dalam agama. Kata Kunci : Skincare, Label Halal, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Skincare, Label Halal, keputusan Pembelian
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ari Melina sdri
Date Deposited: 01 Aug 2022 07:58
Last Modified: 01 Aug 2022 07:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15172

Actions (login required)

View Item View Item