PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI MA’ARIF NU 1 SOKARAJA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Arumsyah Prembayun, 102335109 (2015) PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI MA’ARIF NU 1 SOKARAJA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
Arumsyah Prembayun_METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Mata pelajaran matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika. Untuk itulah mata pelajaran matematika perlu diberikan sejak dini kepada peserta didik, agar mereka dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif. Menerapkan metode yang mampu memberikan pengetahuan juga pengalaman serta membuat siswa lebih aktif dalam sebuah pembelajaran yang menyenangkan menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan guru dalam menyampaikan pelajaran matematika. Ibu Nadia, selaku guru Matematika di MI Ma’arif NU 1 Sokaraja tengah telah melakukan hal tersebut dengan menerapkan metode pembelajaran matematika, yaitu metode tanya jawab, demonstrasi, dan Drill atau Latihan pada mata pelajaran matematika untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dalam usaha mencapai tujuan yang diharapkan. Sehingga Fokus dari penelitian ini adalah: bagaimana metode pembelajaran kelas V di MI Ma’arif NU 1 Sokaraja Tengah tahun pelajaran 2014/2015? Penelitian ini merujuk pada metode tanya jawab, demonstrasi, dan drill atau latihan, yang dijelaskan oleh Daryanto, Syaiful Bahri, Wina Sanjaya, dan lain-lain yang juga berpendapat tentang metode tanya jawab, demonstrasi, dan drill. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik ini digunakan sebagai acuan dalam memahami data deskripsi yang disajikan sehingga dapat memberikan pemahaman atas hasil penelitian. Hasildaripenelitianiniadalahmetode pembelajaran matematika kelas lima di MI Ma’arif NU 1 Sokaraja Tengah terdiri dari tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kata kunci: MetodePembelajaran, Matematika, MI Ma’arif NU 1 Sokaraja Tengah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 09 Nov 2016 00:51
Last Modified: 09 Nov 2016 00:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1478

Actions (login required)

View Item View Item