DESY, AYU SAFITRI (2022) MANAJEMEN TAKMIR MASJID AGUNG NUR SULAIMAN BANYUMAS DALAM MENGELOLA KONFLIK DAN PROBLEMATIKA DI MASJID. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DESY AYU SAFITRI_MANAJEMEN TAKMIR MASJID AGUNG NUR SULAIMAN BANYUMAS DALAM MENGELOLA KONFLIK DAN PROBLEMATIKA DI MASJID-1.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
MANAJEMEN MERUPAKAN SUATU HAL YANG SANGAT PENTING DALAM SEBUAH ORGANISASI. MANAJEMEN MERUPAKAN SEBUAH PROSES YANG MEMBUTUHKAN ORANG LAIN UNTUK MENCAPAI SEBUAH TUJUAN. DALAM PRAKTIKNYA, MANAJEMEN TIDAK BISA LEPAS DARI FUNGSI DAN UNSUR-UNSUR MANAJEMEN. YANG MANA FUNGSI MANAJEMEN TERDIRI DARI PERENCANAAN, PENGORGANISASIAN, PELAKSANAAN DAN JUGA EVALUASI. SEDANGKAN UNSUR-UNSUR MANAJEMEN TERDIRI DARI MAN, MATERIAL, MACHINES, METHODS, MONEY, MARKET. DALAM PENGELOLAAN KONFLIK DAN PROBLEMATIKAPUN DIBUTUHKAN SEBUAH MANAJEMEN YANG BAIK AGAR KEDUA HAL TERSEBUT DAPAT MENJADI PELUANG UNTUK KEMAJUAN ORGANISASI. KONFLIK DAN PROBLEMATIKA MERUPAKAN SUATU KEADAAN YANG TIDAK BISA DIHINDARI. KARENA HAL TERSEBUT, MAKA KONFLIK DAN PROBLEMATIKA HARUS DIKELOLA DENGAN BAIK AGAR TIDAK MENGGANGGU TERCAPAINYA SEBUAH TUJUAN DAN MENJADIKANNYA SEBAGAI PELUANG UNTUK KEDEPANNYA. PENELITIAN INI BERMAKSUD UNTUK MENGETAHUI BAGAIMANA TAKMIR MASJID AGUNG NUR SULAIMAN BANYUMAS DALAM MENGELOLA SETIAP KONFLIK DAN PROBLEMATIKA YANG ADA. DATA-DATA YANG TERDAPAT DALAM PENELITIAN INI BERSIFAT KUALITATIF DAN DIPEROLEH MELALUI OBSERVASI, WAWANCARA, DAN DOKUMENTASI. DARI SEMUA DATA YANG TERKUMPUL KEMUDIAN DIANALISIS DENGAN METODE ANALISIS DESKRIPTIF KUALITATIF. SEDANGKAN TEKNIK ANALISIS DATANYA MENGGUNAKAN REDUKSI DATA, PENYAJIAN DATA DAN PENARIKAN KESIMPULAN. HASIL PENELITIAN INI MENUNJUKKAN BAHWA PIHAK TAKMIR MASJID SUDAH MENERAPKAN MANAJEMEN YANG BAIK DALAM MENGELOLA MASJID. HAL TERSEBUT DAPAT DILIHAT DARI PROSES PERENCANAAN YAITU DENGAN PEMBUATAN VISI DAN MISI, PEMBENTUKAN KEORGANISASIAN DAN PEMBAGIAN JOB DESK, PEMBUATAN DAN PELAKSANAAN PROGRAM SERTA EVALUASI TERHADAP SETIAP KEGIATAN YANG TELAH BERJALAN, BAIK DARI SEGI MAN, MATERIAL, MACHINES, METHODS, MONEY, DAN MARKET.UNTUK TEORI KONFLIK DAN PROBLEMATKA DI MASJID TIDAK SEMUANYA SESUAI DENGAN YANG TERJADI DI MASJID AGUNG NUR SULAIMAN BANYUMAS. KARENA KONFLIK DAN PROBLEMATIKA SENDIRI DIPENGARUHI OLEH BANYAK FAKTOR, SEPERTI PENGELOLA MASJID, JAMAAH DAN JUGA LINGKUNGAN SEKITARNYA. ADAPUN PROBLEMATIKA YANG ADA DI MASJID AGUNG NUR SULAIMAN YAITU JAMAAH PASIF, KEGIATAN KURANG, KURANGNYA MINAT MASYARAKAT DALAM MENJALANKAN SHOLAT LIMA WAKTU DI MASJID, PENGURUS KURANG MAKSIMAL DALAM MENJALANKAN TUGASNYA, DAN MASJID DI SEBELAH ALUN-ALUN. SEDANGKAN KONFLIKNYA YAITU KONFLIK INTERNAL PENGURUS, KONFLIK INTERNAL KELUARGA, KONFLIK KEPENTINGAN, KONFLIK KEKUASAAN, DAN KONFLIK LATEN (TERTUTUP) DAN KONFLIK MANIFEST (TERBUKA). KATA KUNCI: MANAJEMEN, KONFLIK, PROBLEMATIKA
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MANAJEMEN, KONFLIK, PROBLEMATIKA |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.5 Masjid 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | DESY AYU SAFITRI sdri |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 07:26 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 07:26 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14208 |
Actions (login required)
View Item |