Rini, Kusumawati (2022) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN AUDIOLINGUAL MAHARAH AL-KALAM DI MI MUHAMMADIYAH PEJOGOL KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
COVER_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf Download (475kB) | Preview |
|
|
Text
RINI%20KUSUMAWATI_IMPLEMENTASI%20METODE%20PEMBELAJARAN%20AUDIOLINGUAL%20MAHARAH%20AL-KALAM%20DI%20MI%20MUHAMMADIYAH%20PEJOGOL%20KECAMATAN%20CILONGOK%20KABUPATEN%20BANYUMAS.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Dalam suatu pembelajaran bahasa, khususnya pembelajaran bahasa Arab ada beberapa macam metode yang dapat digunakan dalam suatu proses pembelajaran agar tersampaikan secara maksimal. Salah satunya adalah metode audiolingual. Di MI Muhammadiyah Pejogol khususnya kelas V (lima) pembelajaran bahasa Arab kurang diminati dan dianggap sulit oleh sebagian siswa. Hal tersebut dikarenakan tingkat pemahaman setiap siswa berbeda-beda. Oleh karena itu, guru bahasa Arab kelas V (lima) di MI Muhammadiyah Pejogol menggunakan metode audiolingual dalam pembelajaran bahasa Arab pada pembelajaran maharah al-kalam atau keterampilan berbicara.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana hasil dari implementasi metode pembelajaran audiolingual maharah al-kalam di MI Muhammadiyah Pejogol Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun objek penelitian adalah implementasi metode pembelajara audiolingual maharah al-kalam di MI Muhammadiyah Pejogol Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bahasa Arab, dan siswa MI Muhammadiyah Pejogol khususnya kelas V (lima). Cara yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode pembelajaran audiolingual maharah al-kalam di MI Muhammadiyah Pejogol Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas, khususnya di kelas V (lima) dilakukan melalui tiga langkah utama yaitu langkah persiapan, langkah pelaksanaan, dan langkah evaluasi. Langkah persiapan, seperti melihat kurikulum 2013, menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), mempersiapkan materi dari modul atau LKS (Lembar Kerja Siswa) dan juga dari buku kemenag, mempersiapkan metode yang akan digunakan. Kemudian langkah pelaksanaan, guru menyajikan atau mempersiapkan materi percakapan (dialog) atau bacaan pendek, guru membacakan berulang kali dan peserta didik menyimaknya, kemudian peserta didik menirukan bacaan guru kalimat per kalimat dalam materi percakapan atau bacaan pendek.Terakhir langkah evaluasi, yaitu dengan evaluasi tertulis (tes) untuk evaluasi pembelajaran bahasa Arab secara keseluruhan dan evaluasi tidak tertulis (non-tes) untuk evaluasi pembelajaran bahasa Arab maharah al-kalam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Metode Pembelajaran Audiolingual, Maharah Al-Kalam |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 400 Language > 407 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Rini Kusumawati |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 06:29 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 06:29 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14190 |
Actions (login required)
View Item |