Puji, Haryono (2022) IMPLEMENTASI METODE HYPNOTEACHING PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Puji Haryono_ IMPLEMENTASI METODE HYPNOTEACHING PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Salah satu hal yang menentukan keberhasilan dalam pembelajaran adalah pembelajaran yang berkualitas. Proses pembelajran yang berkualitas maka tujuan dari pembelajaran akan tercapai secara maksimal. Metode hypnoteaching yang digunakan dalam sistem pembelajaran memegang peranan sangat penting dalam keberhasilannya. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya penggunaan metode hypnoteaching pada pembelajaran IPA yang dilakukan oleh guru kelas IV di SD Muhammadiyah 1 Purbalingga untuk menyampaikan materi pada pembelajaran IPA, sehingga mereka mampu menguasai kompetensi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan metode hypnoteaching pada pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah 1 Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang diarahkan pada field research. Jenis data yang digunakan adalah data-data yang diperoleh bersumber dari observasi, pengumpulan data di lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman, yaitu dengan cara, mereduksi data, menyajikan data, serta menarik kesimpulan Hasil penelitian menunjukan penerapan Metode Hypnoteaching pada Pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah 1 Purbalingga sangat bermanfaat digunakan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Pembelajaran hypnoteaching memuat tahapan penting melalui: (1) Perencanaan pembelajaran; ada persiapan mental, persiapan fisik, menentukan tujuan pembelajaran, persiapan bahan ajar, persiapan metode mengajar, persiapan media pembantu, dan evaluasi. (2) Pelaksanaan Pembelajaran hypnoteaching; analisis pelaksanaan dan analisis evaluasi. Pelaksanaan dalam hypnoteaching melalui motivasi diri, pacing, leading, modelling, dan memberikan pujian. Penerapan pembelajaran metode hypnoteching dapat mengkodisikan peserta didik belajar aktif, efektif, dan mendapat pengalaman banyak hal, terutama pembelajaran IPA. Kata kunci : Implementasi, Hypnoteaching, Pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Hypnoteaching, Pembelajaran IPA |
Subjects: | 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1227 Pendidikan Al Qur'an 2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.07 Pendidikan, Penelitian Aqaid dan ilmu kalam 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.344 Pendidikan Keterampilan Khusus |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Puji Haryono sdr |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 01:18 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 01:18 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14107 |
Actions (login required)
View Item |