RELEVANSI PROGRAM KERJA UKM PIQSI TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU PADA MAHASISWA PAI

Miftakhul, Anam (2022) RELEVANSI PROGRAM KERJA UKM PIQSI TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU PADA MAHASISWA PAI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Miftakhul Anam_Relevansi Program Kerja UKM PIQSI Terhadap Kompetensi Kepribadian dan Sosial Guru Pada Mahasiswa PAI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri merupakan salah satu Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Islam (LPTKI) dalam hal ini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan termasuk di dalamnya. Salah satu program studi yang ada yaitu Pendidikan Agama Islam. Guna mengembangkan kompetensi-kompetensi keilmuan mahasiswa, selain melalui bangku perkuliahan juga dapat dikembangkan dengan mengikuti kegiatan ekstrakuriler yang diwadahi oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Salah satunya UKM Pengembangan Ilmu Al-Qur’an dan Seni Islam (PIQSI). UKM PIQSI merupakan organisasi mahasiswa yang fokus dalam mengembangkan ilmu al-Qur’an dan seni Islam. Selain mengembangkan minat dan bakat mahasiswa di bidang keagamaan, UKM PIQSI juga dapat mengembangkan kompetensi keilmuan mahasiswa, salah satunya kompetensi guru PAI. Hal tersebut menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara program kerja Unit Kegiatan Mahasiswa Pengembangan Ilmu Al-Qur’an dan Seni Islam terhadap kompetensi kepribadian dan sosial guru pada mahasiswa PAI. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi data dan triangulasi sumber. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah program kerja Unit Kegiatan Mahasiswa Pengembangan Ilmu Al-Qur’an dan Seni Islam memiliki relevansi dengan kompetensi kepribadian dan sosial guru PAI melalui pengembangan indikator melakukan tindakan sesuai dengan norma yang berlaku pada masyarakat sekitar, indikator memiliki penampilan diri yang jujur, menjadi teladan bagi siswa dan masyarakat serta berkahlak mulia, indikator memiliki penampilan diri yang mantap, stabil, arif, dewasa dan berwibawa, indikator memiliki etos kerja dan rasa tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi seorang guru dan rasa percaya diri, indikayot homat terhadap kode etik profesi guru serta indikator melakukan tindakan secara objektif dan tidak bersifat diskriminatif berdasarkan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi, indikator beradaptasi dengan lingkungan masyarakat dan budaya disekitar tempat tugasnya dan indikator berkomunikasi secara baik dengan komunitas guru, warga sekolah dan warga masyarakat umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program Kerja, Unit Kegiatan Mahasiswa, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.38 Pendidikan Tinggi > 2x7.388 Mahasiswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sdr Miftakhul Anam
Date Deposited: 13 Jun 2022 01:55
Last Modified: 13 Jun 2022 01:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13869

Actions (login required)

View Item View Item