Umti Fatonah, 10233075 (2016) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER__BAB I__BAB V__DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) | Preview |
|
Text
UMTI FATONAH__IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PURBAL.pdf Restricted to Registered users only Download (967kB) |
Abstract
Sebagai lembaga pendidikan sekolah memerlukan dukungan sarana dan prasarana pendidikan. Dimana sarana dan prasarana pendidikan merupakan aspek yang sangat penting dalam menunjang proses pendidikan di sekolah. Kelengkapan sarana dan prasarana harus dipenuhi secara berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu manajemen sarana dan prasarana bertujuan memberikan layanan secara profesional dalam memenuhi perlengkapan atau fasilitas kerja bagi personil sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi manajemen sarana dan prasarana pendidikan di SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bagian Sarana dan Prasarana, Kepala TU, dan Bagian Pembelajaran. Objek penelitian ini adalah implementasi manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang meliputi perencanaan sarana dan prasarana, pengadaan sarana dan prasarana, inventarisasi sarana dan prasarana, penggunaan sarana dan prasarana, pemeliharaan sarana dan prasarana, dan penghapusan sarana dan prasarana. Metode pengumpulan data diperoleh dari metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian implementasi manajemen sarana dan prasarana pendidikan di SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga yaitu : (a) Perencanaan sarana dan prasarana dilakukan setiap satu tahun sekali atau setiap tahun ajaran baru dengan cara mengadakan rapat kinerja yang biasa disebut dengan rapat tahunan; (b) Pengadaan sarana dan prasarana dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan yang telah direncanakan sebelumnya dimana dalam hal ini sekolah melibatkan semua kepala program jurusan yang ada di sekolah. Pengadaan yang dilakukan yaitu pengadaan bangunan dan pengadaan kelengkapan sekolah; (c) Inventaris sarana dan prasarana dilakukan secara teratur sesuai dengan prosedur pelaksanaan ; (d) Penggunaan sarana dan prasarana sudah digunakan dengan baik sesuai dengan fungsi dan kegunaan masing – masing. Penggunaan sarana prasarana dilakukan dengan mematuhi tata tertib yang berlaku disekolah. Penggunaan tersebut diatur dalam pengaturan jadwal yang disusun oleh penanggungjawab ruangan ; (e) Pemeliharaan sarana dan prasarana yang dilakukan meliputi pemeliharaan gedung, ruangan, mebeler, laboratorium dan pemeliharaan buku. Pemeliharaan dilakukan secara rutin dan secara berkala sesuai dengan jenis dan kondisi ; (f) Penghapusan sarana dan prasarana dilakukan dengan cara mendata barang yang akan dihapuskan dengan pertimbangan- pertimbangan kemudian membuat berita acara penghapusan. Kata kunci : manajemen, implementasi manajemen sarana dan prasarana pendidikan, SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Indah Wijaya Antasari |
Date Deposited: | 18 Oct 2016 06:44 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 06:44 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1361 |
Actions (login required)
View Item |