AGUS, PRIANTO (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM DARURAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI TAMRINUSSIBYAN 01 AL HIKMAH BENDA. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
AGUS PRIANTO_IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM DARURAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI TAMRINUSSIBYAN 01 AL HIKMAH BENDA.pdf Download (14MB) | Preview |
Abstract
Pandemi covid-19 yang sedang berlangsung di dunia termasuk Indonesia berpengaruh terhadap berbagai sektor kehidupan salah satunya adalah sektor pendidikan. Kondisi ini menuntut lembaga pendidikan untuk membuat kebijakan kurikulum darurat covid-19 untuk menjamin pendidikan tetap berjalan dengan baik dan efektif. MI Tamrinussibyan 01 Al Hikmah Benda merupakan lembaga pendidikan setingkat sekolah dasar berlandaskan pada keislaman yang ada di desa Benda kecamatan Sirampog kabupaten Brebes dibawah naungan Kementerian Agama yang berhasil menerapkan kebijakan kurikulum darurat pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kebijakan kurikulum darurat covid-19 di MI Tamrinussibyan 01 Al Hikmah Benda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analisis dengan metode penelitian berupa: observasi, wawancara dan dokumentasi. Data diperoleh dengan wawancara secara langsung kepada subjek informan yaitu: kepala madrasah, guru kelas V (kelas atas), guru kelas II (kelas bawah), guru bahasa inggris dan guru olahraga. Hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh data bahwa kebijakan kurikulum darurat covid-19 di MI Tamrinussibyan 01 Al Hikmah Benda dilaksanakan meliputi tiga tahap yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Pada tahap perencanaan pembelajaran kurikulum darurat covid-19, guru menyusun program tahunan (prota), program semester (promes), Silabus, RPP dan menetapkan KKM. Guru harus membuat pemetaan KD dan memilih materi esensi yang akan diajarkan pada masa darurat covid-19. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran kurikulum darurat covid-19, kegiatan pembelajaran dilakukan melalui online dan PTM terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat. Media pembelajaran online antara lain menggunakan zoom meeting, whatsapp dan youtube. Sedangkan PTM terbatas dilaksanakan di sekolah menggunakan sistem shifting dengan membagi kelompok berdasarkan absen ganjil dan genap. Metode yang digunakan pada kurikulum darurat covid-19 dengan pendekatan saintifik dengan metode diskusi dan presentasi. Pada tahap evaluasi pembelajaran kurikulum darurat covid-19 meliputi aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dilakukan melalui online dan offline dalam bentuk yaitu tes lisan dan tertulis yang dilakukan pada penilaian harian, Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT). Kata kunci: Kebijakan Pendidikan, Kurikulum Darurat, Covid-19
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kebijakan Pendidikan, Kurikulum Darurat, Covid-19 |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Agus Prianto sdr |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 07:29 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 07:29 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13208 |
Actions (login required)
View Item |