Penerapan Metode Cerita Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Ma’arif NU Jatisaba Tahun Pelajaran 2013 / 2014

Yanuar Yoga P, 092331193 (2014) Penerapan Metode Cerita Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Ma’arif NU Jatisaba Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (831kB) | Preview
[img] Text
Yanuar Yoga P_PENERAPAN METODE CERITA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah di MI Ma’arif NU Jatisaba yang merupakan salah satu pendidikan dasar dengan tujuan untuk menyampaikan pesan sesuai dengan ketetapan agama Islam, kelak dimana peserta didik dapat memahami dan mengamalkan ajaran yang termuat didalam pelajaran sejarah kebudayaan Islam sesuai dengan apa yang diceritakan sehingga mampu menjadikannya sebagai pandangan hidup dan menjadi pedoman hidup peserta didik. Melalui metode cerita. Rumusan masalah yang ada dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan metode cerita pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam.. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Metode analisis data yang digunakan penulis adalah bentuk deskriptif analisis dengan cara berfikir induktif yaitu berangkat dari fakta-fakta khusus kemudian di generalisasi yang bersifat umum berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penerapan metode cerita pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam pada dasarnya masih perlu penekanan di bagian intonasi guru, dan pemunculan tokoh-tokoh. Dimana hal itu merupakan pokok penting dalam penyampaian cerita sehingga pesan dalam cerita tersebut dapat tersampaikan dengan baik. Penggunaan metode bercerita memungkinkan anak mengembangkan kemampuan kognitif, afektif, psikomotor masing-masing anak. Penekanan metode cerita adalah pesan yang diinginkan dapat tersampaikan sehingga memiliki pengaruh yang besar terhadap perasaan peserta didik. Setelah pesan yang diinginkan bisa disampaikan. Peserta didik mampu untuk meneladani dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam materi-materi dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam. Peserta didik menyimak dengan seksama proses pembelajaran sehingga mampu menyerap dan mengambil nilai-nilai yang terkandung dalam materi yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 27 Sep 2016 06:40
Last Modified: 27 Sep 2016 06:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1243

Actions (login required)

View Item View Item