INTERNALISASI NILAI-NILAI KE-NU-AN (Studi Manajemen Kemitraan di MI Ma'arif NU 1 Pandansari dengan Pondok Pesantren Darul Muhajirin Pandansari)

Azzah Nabila, Kamilia (2021) INTERNALISASI NILAI-NILAI KE-NU-AN (Studi Manajemen Kemitraan di MI Ma'arif NU 1 Pandansari dengan Pondok Pesantren Darul Muhajirin Pandansari). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
AZZAH NABILA KAMILIA_INTERNALISASI NILAI-NILAI KE-NU-AN (Studi Manajemen Kemitraan di MI Ma’arif NU 1 Pandansari dengan Pondok Pesantren Darul Muhajirin Pandansari).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manajemen Kemitraan memberikan kesempatan pada sekolah untuk dapat mengembangkan dan mempercepat jalan untuk mencapai tujuan bersama dengan lapisan luar sekolah. Manajemen kemitraan diharapkan dapat dijadikan sebagai upaya untuk menambah jejaring mitra sekolah yang mengelola proses manajamen dengan pihak lain yang sepaham. Manajemen kemitraan dapat menjadi sarana strategi dalam mencapai tujuan sekolah dengan prinsip saling menguntungkan, komunikasi dua arah, meningkatkan rasa kerjasama dan toleransi antar sesama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen kemitraan terhadap internalisasi nilainilai ke-NU-an di MI Ma‟arif NU 1 Pandansari dengan Pondok Pesantren Darul Muhajirin Pandansari. Hal-hal yang diteliti meliputi proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan penilaian/pengawasan manajemen kemitraan serta proses internalisasi nilai-nilai ke-NU-annya. Subjek dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, ustadz-ustadzah, peserta didik kelas IV, V, dan IV MI Ma‟arif NU 1 Pandansari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses manajemen kemitraan dimulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian sudah berjalan dengan baik, hal tersebut sejalan dengan adanya dukungan dari sumber daya yang terlibat yaitu dari pihak sekolah, pihak mitra, dan lingkungan. MI Ma‟arif NU 1 Pandansari mendapatkan nilai-nilai ke-NU-an yang sudah diaplikasikan dalam kegiatan-kegiatan, seperti pembelajaran, pembiasaan, kesadaran diri, keteladanan, serta penguatan. Para ustadz-ustadzah sudah memberikan pelayanan dan pendampingan yang baik sesuai dengan standar pencapaian nilai meskipun ada kendala yang dihadapi, pihak sekolah telah berupaya seoptimal mungkin agar peserta didik dapat dengan mandiri mengaktualisasikan hasil dari internalisasi nilai-nilai ke-NU-an dalam kesehariannya sesuai dengan ajaran agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen kemitraan, internalisasi nilai, nilai-nilai ke-NU-an
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Azzah Nabila Kamilia Sdr
Date Deposited: 26 Oct 2021 07:33
Last Modified: 26 Oct 2021 07:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11793

Actions (login required)

View Item View Item