Finaul, Jannah (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Konsumen J&T Express (Studi Kasus pada Generasi Milenial di Purwokerto). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka .pdf Download (710kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI_FINAUL_1717201078.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pandemi Covid-19 dan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mempercepat pergeseran menuju dunia digital yang dapat memicu perubahan sosial dan perilaku masyarakat. Di era pandemi masyarakat memanfaatkan teknologi untuk berbagai kegiatan antara lain menjual dan membeli barang melalui internet atau yang biasa disebut dengan e-commerce. Metode pengiriman dalam e-commerce banyak yang bergantung pada jasa pengiriman online untuk jarak pengiriman tertentu. Hal ini menyebabkan banyak munculnya jasa pengiriman baru sehingga menimbulkan ketatnya persaingan jasa pengiriman. Salah satu jasa pengiriman yang terkenal di Indonesia yaitu J&T Express. Sebagai jasa pengiriman yang usianya terbilang muda J&T Express harus mampu memenangkan persaingan. Untuk memenangkan persaingan sebuah perusahaan harus mampu memuaskan konsumen dengan kualitas pelayanan yang baik dan harga yang dapat diterima oleh konsumen. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap kepuasan konsumen J&T Express pada generasi milenial di Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi milenial di Purwokerto yang pernah menggunakan jasa J&T Express. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Metode sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Analisis data dilakukan melalui analisis regresi ordinal, korelasi rank spearman, koefisien konkordinasi kendall w dan dengan alat bantu SPSS (Statistical Product and Service Solution). Temuan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, terdapat pengaruh variabel persepsi harga terhadap kepuasan konsumen, dan terdapat pengaruh secara bersama-sama variabel kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap variabel kepuasan konsumen. J&T Express telah memberikan kualitas pelayanan yang baik dan sudah memberikan pelayanan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam yaitu bersifat profesional, amanah, dan memelihara etos kerja yang baik yang menimbulkan kepuasan bagi konsumenya sesuai perspektif Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Kepuasan Konsumen, Jasa Ekspedisi, J&T Express. |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi 300 Social sciences > 330 Economics 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Finaul Jannah sdri |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 07:42 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 07:42 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11639 |
Actions (login required)
View Item |