PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM PADA MASYARAKAT MULTIKULTURAL DI DESA BANJARPANEPEN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS

Ayunignsih, Ayuningsih (2021) PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM PADA MASYARAKAT MULTIKULTURAL DI DESA BANJARPANEPEN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, UIN SAIFUDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Pelaksanaan Pendidikan Islam Pada Masyrakat Multikultural di Desa Banjarpanepen Sumpiuh Kab. Banyumas ( Ayuningsih 191766006.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pendidikan Islam menempati posisi yang sangat urgen dan strategis dalam menciptakan situasi dan kondisi masyarakat yang sejahtera, adil, dan makmur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan Islam pada masyarakat multikultural yang telah berlangsung di Desa Banjarpanepen Sumpiuh Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriftif kualitatif dimana Peneliti turun langsung kelapangan untuk melihat dan merasakan langsung konsisi sosial masyarakat dilapangan sekaligus untuk mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif tentang situasi setempat. Adapun objek dalam penelitian ini yaitu pendidikan Islam dan subyek penelitiannya adalah para tokoh agama dan masyarakat Desa Banjarpanepen. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pendidikan Islam ditengah lingkungan yang multikultural dapat diartikan sebagai suatu bentuk respek yang bersifat mutual dari satu etnik kepada etnik lain, dengan memberikan keleluasaan agar dapat mengekspresikan budayanya, sebagai salah satu kontribusi bagi pengembangan budaya suatu bangsa. Dengan demikian, Pendidikan Islam dalam lingkungan masyarakat multikultural bukanlah suatu pandangan yang tidak menutup diri terhadap budaya lain namun mengharuskan adanya dialog dan toleransi dengan budaya-budaya yang lain, dengan duduk sama tinggi dan berdiri sama rendah, mampu melihat keaneragaman budaya sebagai realitas fundamental dalam kehidupan bermasyarakat, membuka diri untuk menjalani kehidupan bersama dengan melihat realitas plural sebagai kemestian hidup kodrati. Sehingga dengan dilaksanakanya pendidikan Islam di lingkungan masyarakat Desa Banjarpanepen menjadikan masyarakat Desa Banjarpanepen memiliki nilai toleransi yang tinggi dan memiliki rasa solidaritas yang kuat antar sesama umat beragama.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pendidikan Islam, Multikutural, Masyarakat Multikutural
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ayuningsih Ayuningsih sdri
Date Deposited: 07 Oct 2021 06:59
Last Modified: 11 Oct 2021 07:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11443

Actions (login required)

View Item View Item