Widya, Larasati (2021) NILAI ISLAM INKLUSIF DALAM BUKU AKHLAK MUSLIM MODERAT KARYA IRWAN KURNIAWAN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM DESAIN PEMBELAJARAN PAI. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (850kB) | Preview |
|
|
Text
WIDYA LARASATI_NILAI ISLAM INKLUSIF DALAM BUKU AKHLAK MUSLIM MODERAT KARYA IRWAN KURNIAWAN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM DESAIN PEMBELAJARAN PAI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan mengenai intoleransi dalam kehidupan sehari-hari kian mengkhawatirkan. Hal ini dibuktikan dengan kemerosotan akhkak yang terjadi pada seluruh lapisan masyarakat. Banyak kalangan yang tidak menghormati adanya perbedaan. Sejatinya perbedaan pasti akan selalu ada dikarenakan latar belakang setiap orang yang berbeda-beda. Oleh karena itu, diperlukan pemikiran yang inklusif agar dapat mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu cara agar dapat memiliki pemikiran yang inklusif adalah dengan lembaga pendidikan. Diperlukan desain pembelajaran yang tepat dalam pendidikan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Salah satu desain yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah buku. Buku Akhlak Muslim Moderat karya Irwan Kurniawan cocok untuk dibaca peserta didik karena memiliki bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Buku tersebut mengajarkan bagaimana bersikap sebagai seorang Muslim dalam kehidupan sehari-hari. Atas dasar hal tersebut peneliti tertarik untuk mengkaji mengenai “Nilai Islam Inklusif dalam Buku Akhlak Muslim Moderat Karya Irwan Kurniawan dan Implementasinya dalam Desain Pembelajaran PAI”. Tujuan dari penelitian ini yaitu pertama, menemukan nilai-nilai Islam inklusif dalam buku Akhlak Muslim Moderat karya Irwan Kurniawan. Kedua, membuat desain pembelajaran PAI menggunakan buku Akhlak Muslim Moderat karya Irwan Kurniawan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pustaka atau library research. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Isi atau “Analisis Konten” (Content Analyisis). Hasil temuan yang didapatkan dalam penelitian ini ada dua. Pertama, terdapat empat nilai Islam inkusif dalam buku Akhlak Muslim Moderat (nilai moderasi, nilai toleransi, nilai keseimbangan, dan nilai pluralisme). Kedua, buku Akhlak Muslim Moderat sebagai implementasi pembelajaran PAI dapat terwujud dalam sebuah desain pembelajaran yaitu pada RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Buku Akhlak Muslim Moderat digunakan sebagai salah satu desain pembelajaran pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Pembelajaran pada mata pelajaran Akidah Akhlak dilaksanakan pada jenjang Madrasah Aliyah kelas X. RPP yang dicontohkan yaitu RPP yang memuat KD 3.7 Menganalisis makna, dalil dan ciri-ciri Islam Wasathiyah (moderat) dan KD 4.7 Menyajikan hasil analisis tentang ciri-ciri Islam Wasathiyah (moderat).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Islam Inklusif, Buku Akhlak Muslim Moderat, Desain Pembelajaran PAI |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Widya Larasati sdri |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 03:59 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 03:59 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11339 |
Actions (login required)
View Item |