Dwi Asalia, Nurita (2021) Peran Penggunaan Gawai pada Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Analisis Systematic Literature Review). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Dwi Asalia Nurita_Peran Penggunaan Gawai pada Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Analisis Systematic Literature Review).pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kemajuan zaman di bidang teknologi saat ini sedang berkembang dengan pesat, salah satu teknologi tersebut adalah gawai. Seiring dengan perkembangan gawai membuat pengguna gawai kini bukan hanya pada orang dewasa melainkan sudah masuk dalam dunia anak-anak. Tak jarang saat ini banyak anak yang menggunakan gawai dalam segala aktivitasnya. Hal ini berawal dari orang tua yang mengenalkan gawai agar anak tidak mengganggu aktivitas orang tua dan sebagainya. Namun, disadari atau tidak, seiring berjalannya waktu hal tersebut dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak salah satunya perkembangan kognitif. Pengaruh yang diberikan dapat berpengaruh positif maupun negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan gawai pada anak usia dini dan mengetahui pengaruhnya terhadap perkembangan kognitif anak. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan desain SLR (Systematic Literature Review) dengan menggunakan metode PRISMA. Artikel dikumpulkan dengan melakukan penelusuran secara komputer melalui Google Scholar, Garuda.ristekbrin, dan ScienceDirect. Dalam melakukan pencarian pada database menggunakan kata kunci: gawai, gadget, anak usia dini, dan perkembangan kognitif. Hanya artikel yang memiliki teks penuh (full text) yang akan dimasukkan dalam review ini. Dari pengumpulan tersebut diperoleh 7 artikel yang relevan dengan judul penelitian. Setelah itu data dianalisis dengan teknik content analysis (analisis isi) yang meliputi beberapa prosedur yaitu penentuan unit analisis, penentuan sampel dan pencatatan data. Hasil penelitian menemukan dalam penggunaannya, gawai diketahui memiliki peran bagi perkembangan kognitif anak dilihat dari intensitas penggunaan dan aplikasi yang digunakan. Penggunaan dengan intensitas yang rendah serta penggunaan aplikasi edukatif maka gawai memiliki peran positif berupa dapat mengasah kreativitas anak, dapat mengembangkan pemikiran simbolik anak serta dapat mengembangkan imajinasi anak. Sedangkan penggunaan gawai dengan aplikasi non edukatif serta intensitas yang tinggi maka gawai memiliki peran negatif yaitu dapat menurunkan konsentrasi anak dan dapat menghalangi eksplorasi anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penggunaan gawai, perkembangan kognitif, anak usia dini |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy 100 Philosophy and psychology > 108 Kinds of persons in philosophy 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology > 155.4 Child Psychology 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education 600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Sdri Dwi Asalia Nurita |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 07:38 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 07:45 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10773 |
Actions (login required)
View Item |