STRATEGI KOMUNIKASI RRI PURWOKERTO SEBAGAI RADIO TANGGAP BENCANA DALAM MENDUKUNG PENANGGULANGAN COVID-19 DI KABUPATEN BANYUMAS

Imah, Masitoh (2021) STRATEGI KOMUNIKASI RRI PURWOKERTO SEBAGAI RADIO TANGGAP BENCANA DALAM MENDUKUNG PENANGGULANGAN COVID-19 DI KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Imah Masitoh_Strategi Komunikasi RRI Purwokerto Sebagai Radio Tanggap Bencana Dalam Mendukung Penanggulangan Covid-19 Di Kabupaten Banyumas.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Sebagai satu-satunya radio milik pemerintah yang ada dicabang daerah, RRI Purwokerto memiliki peran yakni sebagai media terdepan bencana. Pada saat sekarang ini dengan munculnya virus baru bernama Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) menjadikan kecemasan bagi masyarakat, yang membuat masyarakat butuh akan informasi terkait dengan virus jenis baru ini. RRI Purwokerto sebagai radio tanggap bencana diperlukan strategi komunikasi agar pesan yang disampaikan dapat diterima oleh masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi komunikasi RRI Purwokerto sebagai radio tanggap bencana. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Dengan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui strategi komunikasi yang digunakan RRI Purwokerto yakni dengan teori Harold Laswell dengan menjawab pertanyaan “Who Says What Which Channel To Whom With What Effect?” sehinga dapat diketahui strategi komunikasi yang dilakukan yakni to secure understanding yakni mampu memahami pesan yang akan disampaikan kepada pendengar, to establish acceptance yakni dengan penyampaian pesan berulang-ulang dan menyisipkan hiburan yang menarik, to motivate action yakni pendengar dapat melakukan tindakan dari pesan yang di terimanya. RRI Purwokerto memperhatikan strategi penyiarannya terkait dengan Covid-19. Dari penelitian ini dapat diketahui pula teknik persuasi yang digunakan yakni teknik asosiasi dengan cara mengundang narasumber yang berkredibilitas, dan teknik tataan (icing technique) dengan menyusun Iklan Layanan Masyarakat (ILM), feature dan filler semenarik mungkin untuk dapat menarik perhatian pendengar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, RRI Purwokerto, Covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sdri Imah Masitoh
Date Deposited: 02 Aug 2021 03:05
Last Modified: 02 Aug 2021 03:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10492

Actions (login required)

View Item View Item