ERLINA, ERLINA (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK KONSUMEN (STUDI KASUS PADA USAHA SUSU KUDA LIAR DI DESA SANEO, KABUPATEN DOMPU, NTB). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
SKRIPSI ERLINA (1717201016).pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penerapan strategi pemasaran dalam suatu usaha sangatlah penting dan berpengaruh terhadap kinerja suatu perusahaan yang bersangkutan. Strategi pemasaran adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan secara berkesinambungan untuk memenangkan persaingan pasar. Berhasil atau tidaknya sangat ditentukan dengan bagaimana cara yang dikembangkan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran seperti apa yang digunakan oleh para pengusaha susu kuda liar di Desa Saneo untuk meningkatkan daya tarik konsumen terhadap produk mereka. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh para pengusaha yang mencakup variabel marketing mix 4P (Product, price, place, promotion) sudah berjalan dengan baik, dengan variabel place atau tempat yang paling diandalkan. Dimana para pengusaha mengaku diuntungkan dengan adanya julukan desa penghasil susu kuda liar di Kabupaten Dompu, sehingga tanpa promosi khusus konsumen akan datang langsung sendirinya ke Desa Saneo apabila ingin mencari susu kuda liar. Sedangkan hasil dari analisis SWOT yang penulis teliti dari berbagai kendala maka penulis meminimalisir dari masalah yang ada dengan menggunakan Strategi SO, Strategi ST, Strategi WO, Strategi WT. Dari strategi tersebut penulis berharap dapat membantu meningkatkan daya tarik konsumen pada produk susu kuda liar sehingga para pengusaha susu kuda liar dapat mengembangakan usahanya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Marketing Mix, Analisis SWOT |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Sdri Erlina E |
Date Deposited: | 21 Jul 2021 05:04 |
Last Modified: | 21 Jul 2021 05:04 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10364 |
Actions (login required)
View Item |