IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS

SITI NUR KHASANAH, NIM. 1223301149 (2016) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
SITI NUR KHASANAH_IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (454kB) | Preview

Abstract

Pendekatan saintifik merupakan ciri khas dari kurikulum 2013. Pendekatan saintifik adalah pendekatan dalam proses pembelajaran yang terdiri dari lima pengalaman belajar pokok yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan dengan harapan mampu mengembangkan kompetensi peserta didik. Al-Qur‟an Hadits merupakan salah satu mata pelajaran di MAN Sumpiuh yang menggunakan pendekatan saintifik, proses pembelajaran Al- Qur‟an Hadits dengan pendekatan saintifik menjadikan peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana Implementasi Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Al- Qur‟an Hadits di MAN Sumpiuh Kabupaten Banyumas?”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti melakukan penelitian dengan cara mendatangi lokasi penelitian dan sumber data untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Lokasi yang diteliti adalah MAN Sumpiuh. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru Al-Qur‟an Hadits kelas X dan peserta didik kelas X. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Dari hasil penelitian tentang implementasi pendekatan saintifik kurikulum 2013 mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits kelas X di MAN Sumpiuh, diperoleh hasil bahwa guru sudah menerapkan pendekatan saintifik dengan baik dalam proses pembelajaran yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Hal tersebut dibuktikan dengan peserta didik yang terlihat begitu banyak yang aktif dan antusias dalam mengikuti pelajaran dengan bertanya kepada guru tentang materi yang belum mereka pahami

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendekatan Saintifik, Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:21
Last Modified: 29 Aug 2016 02:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/914

Actions (login required)

View Item View Item