Nikmatus, Sa'adah (2020) PENGARUH KREDIBILITAS BIRO HAJI UMROH TERHADAP TINGKAT KEPUASAN JAMAAH(Studi Tentang Sistem All in di Biro Nur Fauzi Group Purwokerto). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
NIKMATUS SA’ADAH _PENGARUH KREDIBILITAS BIRO HAJI UMROH TERHADAP.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Begitu banyak biro jasa travel di Indonesia yang membedakan hanya pelayanan yang diberikan dan harga produknya. Sistem pelayanan yang memberikan adanya kemudahan, kelancaran, dan kepastian kepada jamaah merupakan tujuan utama. Ciri pelayanan yang baik merupakan pelayanan yang dapat memberikan kepuasan kepada jamaahnya. Kredibilitas biro juga memiliki peranan penting dalam penyelenggaraan haji dan umrah. Kredibilitas biro merupakan wujud dari kepercayaan calon jamaah terhadap biro jasa travel baik terhadap sumber daya manusianya maupun produk atau jasa yang dipasarkan yang mana dalam pengurusan dokumen, biaya, pemeriksaan kesehatan, bimbingan manasik, transportasi, konsumsi, dan akomodasi yang melakukan dari pihak penyedia pelayanan haji dan umroh. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk meneliti tentang pengaruh kredibilitas dari sistem pelayanan di Biro Nur Fauzi Group Purwokerto. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kredibilitas terhadap tingkat kepuasan jamaah dan ada berapa besar pengaruh kredibilitas terhadap tingkat kepuasan jamaah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif, pengumpulan datanya dengan melakukan observasi dan penyebaran kuisioer kepada kepada 31 alumni jamaah umroh Biro Nur Fauzi Group. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan uji regresi linier sederhana dan koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis menggunakan uji F (Anova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh kredibilitas biro terhadap tingkat kepuasan jamaah dilihat dari tabel Anovab didapatkan P-Value pada kolom significant sebesar 0,000 < 0,05 yaitu level of significant artinya dapat diberi kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. uji koefisien determinasi didapati antara variabel X (Kredibilitas) dengan variabel Y (Tingkat Kepuasan Jamaah) sebesar 0,825 atau 82,5% menunjukkan bahwa tingkat kepuasan jamaah yang terjadi dapat dijelaskan dengan menggunakan variabel kredibilitas, kemudian lebihnya 17,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Kredibilitas, Kepuasan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kredibilitas, Kepuasan |
Subjects: | 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.15 Haji dan Umrah 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Sdri Nikmatus Sa'adah |
Date Deposited: | 16 Dec 2020 17:58 |
Last Modified: | 16 Dec 2020 17:58 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9083 |
Actions (login required)
View Item |