MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAUD BERBASIS FITRAH DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) SEKAR PURBALINGGA

Farah, Nur Fadhilah (2020) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAUD BERBASIS FITRAH DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) SEKAR PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FARAH NUR F_MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAUD BERBASIS FITRAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Manajemen pembelajaran berbasis fitrah di TPA Sekar Purbalingga meliputi proses manajemen seperti perumusan visi, misi dan tujuan, pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran berbasis fitrah, dan juga pengawasan pembelajaran berbasis fitrah. Latar belakang dalam penelitian ini yaitu bahwa TPA Sekar Purbalingga merupakan TPA yang menerapkan pembelajaran berbasis fitrah dengan program pembelajaran yang dibuat dalam rangka menumbuhkan fitrah yang tertanam pada diri anak.Di TPA Sekar Purbalingga metode pembelajaran yang digunakan dalam menumbuhkan fitrah dalam diri anak yaitu metode BCCT atau metode sentra.Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana manajemen pembelajaran berbasis fitrah di TPA Sekar Purbalingga. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi. Informasi mengenai subjek penelitian didapatkan melalui wawancara dan dokumentasi terhadap kepala TPA, dan juga semua guru TPA.Sedangkan metode analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, bahwa pembelajaran berbasis fitrah di TPA Sekar Purbalingga sudah terlaksana dengan baik ditandai dengan banyaknya laporan orangtua wali murid yang mengatakan jika anaknya memiliki kemajuan dalam hal komunikasi, kedisiplinan, sopan dan santun ketika berada di rumah. Hal tersebut juga didukung oleh kurikulum yang sudah tersistem dan mengarah kepada tercapainya tujuan dari TPA Sekar itu sendiri.Pengorganisasian yang dilakukan oleh TPA Sekar Purbalingga juga sudah cukup baik yaitu dengan membagi anak ke dalam kelas yang sesuai dengan usia mereka. Pendidiknya pun juga sudah cukup berkompetensi.Pendidik yang dibutuhkan oleh TPA adalah seroang pendidik yang seperti ibu, sabar, telaten, serta mumpuni dalam mengasuh anak.Dalam pelaksanaannya, pembelajaran berbasis fitrah memiliki sedikit faktor penghambat yaitu kurangnya rasa percaya diri dari gurunya. Akan tetapi, TPA dengan cepat mengambil langkah untuk mengatasinya dengn cara mengadakan program-program pelatihan dalam rangka meningkatkan mutu pendidik maupun tenaga kependidikannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Fitrah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Farah Nur Fadhilah
Date Deposited: 16 Aug 2020 15:05
Last Modified: 16 Aug 2020 15:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7766

Actions (login required)

View Item View Item