SITI AMINAH, NIM. 092336054 (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN UNSUR-UNSUR BANGUN DATAR SEDERHANA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II MI NEGERI DAYEUHLUHUR CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
Text
SITI AMINAH_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN UNSUR-UNSUR BANGUN DATAR SEDERHANA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II MI NEGERI DAYEUHLUHUR CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011-2012.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran matematika yang berhasil, diketahui dengan dikuasainya materi pelajaran oleh siswa. Siswa yang dapat menguasai materi pelajaran, tidak akan kesulitan dalam proses belajarnya. Hal ini berbeda dengan kondisi siswa kelas II di MI Negeri Dayeuhluhur Cilacap. Berdasarkan observasi pendahuluan ditemukan permasalahan yaitu rendahnya minat belajar siswa, ini dapat dilihat pada saat kegiatan pembelajaran dimana sebagian siswa lebih senang bermain sendiri, berlarian dan lain-lainnya dari pada mengikuti pelajaran dan siswa merasa bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit. Sebagai solusi pembelajaran matematika dengan menggunakan Media gambar melalui penelitian tindakan kelas. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah “Apakah jika pembelajaran matematika sub pokok bahasan unsur-unsur bangun datar sederhana, dilakukan dengan media gambar akan terjadi peningkatan hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas II MI Negeri Dayeuhluhur Cilacap?. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Mata Pelajaran matematika sub pokok bahasan unsurunsur bangun datar sederhana kelas II di MI Negeri Dayeuhluhur Cilacap Tahun Pelajaran 2011/2012. Subyek penelitian siswa kelas II MI Negeri Dayeuhluhur, serta objek penelitiannya adalah penggunaan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika sub pokok bahasan unsur-unsur bangun datar sederhana, dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, observasi dan tes. Dari penelitian yang telah dilakukan perolehan nilai rata-rata tiap siklusnya yaitu Pada Siklus I siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa atau 63% dari jumlah seluruh siswa. Siklus II siswa yang tuntas sebanyak 30 siswa atau 93% dari jumlah seluruh siswa. Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI Negeri Dayeuhluhur pada mata pelajaran matematika sub pokok bahasan unsurunsur bangun datar sederhana. Kata Kunci: Peningkatan hasil belajar, matematika, media gambar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Restu Umar Fauzi |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 02:14 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 02:14 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/776 |
Actions (login required)
View Item |