METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL MUFRODAT BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS II MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA

Dian, Rachmawati (2020) METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL MUFRODAT BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS II MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA. Skripsi thesis, IAIN Purwokwerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB 1_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIAN RACHMAWATI_METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL MUFRODAT BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS II MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam pendidikan, para ahli telah memaparkan bahwasanya terdapat begitu banyaknya variasi metode yang dapat dimanfaatkan pendidik pada proses pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan materi dan juga obyek yang akan dituju. Inilah yang menjadikan betapa pentingnya memilih metode, yang merupakan sebagai kunci penunjang, guna meminimalisir ketidak efektifan suasana kelas menjadi menyenangkan dan tidak membosankan, serta dapat memberikan ruang lebih luas pada ilmu agar lebih mudah tepat sasaran serta tersalurkan secara utuh kepada peserta didik, khususnya terhadap peserta didik yang masih merasakan kesulitan dalam belajar.. Sedang pada penelitian ini, penulis mengambil penelitian terhadap metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan menghafal mufradat bagi peserta didik kelas II MI, karena tujuan inti dari penelitian yang penyusun lakukan, ialah untuk menjelaskan serta memahami tatacara pendidik untuk menangani peserta didiknya yang masih kesulitan dalam menghafal mufradat. Jenis dari penelitian ini adalah berbentuk penelitian lapangan, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun subjek terhadap penelitian ialah Guru Bahasa Arab dan murid MI Darul Hikmah. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Mufrodat Pada Siswa Kelas II MI Darul Hikmah Bantarsoka, selanjutnya teknik pengumpulan data yang penulis pilih ialah teori Milles dan Humbermann yakni reduksi dan penyajian data, serta pengambilan sebuah kesimpulan. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah : metode yang diterapkan oleh pendidik menyesuaikan materi, situasi, kondisi, dan karakteristik peserta didik, dengan begitu pendidik akan lebih mudah mengatasi persoalan kesulitan peserta didik dalam menghafal mufrodat. Kemudian selain dengan diterapkannya metode tersebut, pendidik juga menyediakan waktu dan tenaganya diluar jam sekolah untuk peserta didik berupa ekstra kulikuler Bahasa Arab, guna sebagai ikhtiar mengukuhkan daya ingat dalam pelajaran bahasa Arab, terkhusus pada penguasaan mufrodat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Mufrodat, Bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sdri Dian Rachmawati
Date Deposited: 09 Aug 2020 13:03
Last Modified: 09 Aug 2020 13:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7642

Actions (login required)

View Item View Item