SURYONO, 1223301157 (2016) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN DAN KEJUJURAN DI SD IT AN NIDA SOKARAJA BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf Download (960kB) | Preview |
|
Text
PENERAPAN PESURYONO_NDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN DAN KEJUJURAN DI SD IT AN NIDA SOKARAJA BANYUM.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penerapan pendidikan karakter yang dilakukan di SD IT AN NIDA Sokaraja Banyumas bertujuan untuk mencetak generasi bangsa yang baik yang dapat mencerminkan sebagai seorang pendidik, mulai dari SD IT AN NIDA ini anak-anak dibekali dengan karakter-karakter yang baik untuk menghindarkan dari perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai dengan norma yang ada semisal: tawuran antar pelajar, bolos sekolah, minum-minuman keras, mengkonsumsi narkoba, banyaknya kasus korupsi oleh pejabat pemerintah dan lain-lain. Maka dari itu penulis melakukan penelitian di sekolah SD IT An-Nida Sokaraja Banyumas yang menerapkan pendidikan karakter khusunya karakter kedisiplinan dan kejujuran. Pendidikan karakter adalah hal yang penting diterapkan di lembaga sekolah apalagi diterapkan di SD/MI yang notabenya yang masih anak-anak agar nantinya menciptakan generasi yang baik. Di SD IT An-Nida ini banyak program-program yang mendukung penerapan pendidikan karakter kedisiplinan dan kejujuran. Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu: Bagaimana penerapan pendidikan karakter kedisipilinan dan kejujuran di SD IT An-Nida Sokaraja Banyumas.? Tujuan dari penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui gambaran mengenai penerapan pendidikan karakter kedisiplinan dan kejujuran. Skripsi ini membahas tentang penerapan pendidikan karakter kedisiplinan dan kejujuran di SD IT An-Nida Sokaraja Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan yang bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode observasi,wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa penerapan pendidikan karakter kedisiplinan dan kejujuran di SD IT An-Nida Sokaraja Banyumas melalui integrasi pada kegiatan pembelajaran, integrasi dalam pengembangan diri dan budaya sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, dan melalui penambahan jam pelajaran. Metode yang digunakan yaitu; pembiasaan, keteladanan, kegiatan spontan, metode ceramah, pengawasan dan perhatian guru. Media yang digunakan: audio, media audio visual, poster, plang yang berisi semboyan. Penilaian dilakukan pada seluruh ranah, yakni kognitif, afektif, dan psikomotorik oleh guru mata pelajaran dan wali kelas. Penerapan pendidikan karakter kedisiplinan dan kejujuran di SD IT An-Nida Sokaraja Banyumas telah berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 02:52 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 02:52 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/740 |
Actions (login required)
View Item |