PENANAMAN AKHLAKUL KARIMAH MELALUI MEDIA KARTUN PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI MA’ARIF BEJI, KEDUNGBANTENG BANYUMAS

FITRIYANI, NIM. 1123308094 (2016) PENANAMAN AKHLAKUL KARIMAH MELALUI MEDIA KARTUN PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI MA’ARIF BEJI, KEDUNGBANTENG BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (767kB) | Preview
[img] Text
FITRIYANI_PENANAMAN AKHLAKUL KARIMAH MELALUI MEDIA KARTUN PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI MA’ARIF BEJI, KEDUNGBANTENG BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penanaman akhlakul karimah dilakukan melalui proses pembelajaran di sekolah. Proses pembelajaran tersebut bertujuan menjadikan peserta didik mempunyai akhlak yang baik. Karena itu penanaman akhlakul karimah sangat penting untuk ditanamkan pada anak-anak. Untuk kelancaran pelaksanaan, sebuah pembelajaran tidak terlepas dari suatu media pembelajaran yang merupakan salah satu komponen penting pendukung dalam penentu keberhasilan pembelajaran. Salah satunya adalah media kartun. Media kartun ini didesain untuk menciptakan suasana pembelajaran menyenangkan dan tidak monoton, karena terkadang anak merasa bosan akan ceramah atau dakwah yang monoton, sehingga dengan media kartun yang digunakan, diharapkan anak-anak akan tertarik untuk mendengar dan melihat sehingga mereka mudah mengingat dan mudah memahami tentang sesuatu. Maka dari itu guru dituntut untuk kreatif menggunakan media yang sesuai dengan dengan materi yang diharapkan dapat diterima dengan mudah oleh siswanya. Dari hasil penelitian di MI Ma‟arif Beji, Kedungbanteng Banyumas, guru mata pelajaran Akidah Akhlak sudah menerapkan penanaman akhlakul karimah melalui media kartun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penanaman akhlakul karimah melalui media kartun pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggambarkan penanaman akhlakul karimah melalui media kartun pada mata pelajjaran Akidah Akhlak di MI Ma‟arif Beji. Sumber datanya meliputi primer yaitu guru dan siswa dan sumber data skunder yaitu sumber yang tidak langsung memberikan data kepada pengumpul data misalnya lewat orang lain atau lewat dokumen. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan cara menelaah seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman akhlakul karimah di MI Ma‟arif Beji, Kedungbanteng Banyumas, dapat diterapkan dengan cara penggunaan media kartun. Penanaman akhlakul karimah di MI Ma‟arif Beji ini, dilakukan dengan menayangkan film kartun yang kemudian diambil kesimpulan dari cerita kartun tersebut terhadap nilai-nilai akhlakul karimah yang nantinya dibelajarkan kepada siswa melalui kebiasaan, keteladanan, cerita/kisah, dan lain-lain, serta lagu-lagu Islami yang ada di dalamnya misalnya: tentang kejujuran, saling bekerjasama, bekerja keras, cinta ilmu, dan rasa ingin tahu. Dalam penelitian ini dapat simpulkan bahwa penanaman akhlakul karimah melalui media kartun cocok diterapkan dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MI Ma‟arif Beji, Kedungbanteng Banyumas, sesuai dengan materi pelajaran dan didukung oleh sarana prasarana yang cukup memadai. Kata Kunci: Penanaman akhlakul karimah dan Media Kartun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 10 Aug 2016 03:14
Last Modified: 10 Aug 2016 03:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/718

Actions (login required)

View Item View Item