PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II A PADA MATERI BACAAN SHALAT MELALUI METODE DRILL DI SD NEGERI 2 SOKARAJA TENGAH KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ita Misanti, 1522402232 (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II A PADA MATERI BACAAN SHALAT MELALUI METODE DRILL DI SD NEGERI 2 SOKARAJA TENGAH KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER _BAB I_BAB V_DAFTAR.pdf

Download (906kB) | Preview
[img] Text
skripsi full ita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar siswa yang rendah pada materi bacaan shalatmenjadi permasalahan tersendiri bagi guru kelas II A di SD Negeri 2 Sokaraja Tengah Kecamatan Sokaraja kabupaten Banyumasm untuk itu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan dari penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada materi bacaan shalatmelalui metode drill. Setelah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas ini, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II A pada materi bacaan shalat di SD Negeri 2 Sokaraja Tengah Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan Kelas (action research), sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes dilaksanakan melalui beberapa tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan melalui 2 (dua) siklus perbaikan pembelajaran dengan menggunakan sistem berdaur. Penelitian ini menarik kesimpulan bahwapembelajarandenganmenggunakanmetodedrilldapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Hal inidapatdarinilai rata-rata tespadamasing-masingsiklus.Padaawalsebelumtindakanbahwasebanyak23siswamemperolehnilaidibawah71.Sedangsiswa yang memperolehnilai71ataulebihada12 siswa.Nilai rata-rata 54,86dengantingkatketuntasansebesar34 %. Berdasarkannilaisiswasiklus 1 menunjukkanbahwasebanyak17siswamemperolehnilaidibawah71.Sedangsiswa yang memperolehnilai71ataulebihada 18siswa.Nilai rata-rata 57, 64 dengantingkatketuntasansebesar61,42% danBerdasarkan data nilaisiswasiswasiklus 2 menunjukkanbahwasebanyak8siswamemperolehnilaidibawah71. Sedangkansiswa yang memperolehnilai71ataulebihada27siswa.Nilai rata-rata 70,43dengantingkatketuntasansebesar77,14 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Metode Drill, Hasil Belajar, Bacaan shalat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 20 Dec 2019 03:02
Last Modified: 20 Dec 2019 03:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6816

Actions (login required)

View Item View Item