FIFI NUR FATMAWATI, 082331056 (2012) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (469kB) | Preview |
|
![]() |
Text
FIFI NUR FATMAWATI_PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) |
Abstract
Media pembelajaranadalahsegalasesuatu yang mengantarkanpesandarisumberkepenerimadalamkonteksinteraksibelajarmengajar, guru hendaknyadapatmenggunakanataumemanfaatkannyabaiksebagaialatbantumengajaratausebagai media pembelajaran. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahui media apasaja yang digunakandalampembelajaranPendidikan Agama Islam danmengetahuisejauhmanapenggunaanmedia pembelajaranoleh guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 BaturradenKabupatenBanyumasTahunPelajaran 2012/2013.Penelitianinimerupakanpenelitianlapangandenganjenispenelitiandeskriptifkulitatif.Sumber data berasaldarisumber primer dansekunderdandikumpulkandenganmenggunakanmetodeobservasi,wawancara,dandokumentasi,kemudiandianalisisdenganmenggunakanpendekatanberfikirdeduktifdanpendekatanberfikirinduktif. Hasilpenelitiandari media pembelajaranPendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Baturradenadalah: 1. Penggunaan media pembelajarandapatmembantuguru dalammenyampaikanmateripelajaran,sedangkanbagisiswamenjadilebihmudahuntukmenerimadanmemahamiapa yang disampaikan guru. 2. Diadakanevaluasidaripenggunaan media untukmenentukankeberhasilantujuanpembelajaran yang telahditentukan agar diketahuiefektifatautidak media yang digunakandalampembelajaran. 3. Media yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Baturradenyaitupapantulis, lcdproyektor, lks, bukupaket, alqur’andanterjemahnya, cd, vcd, dantv. 4. Sejauhmana kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran di SMP Negeri 2 Baturraden yaitu baik dan bagus. Guru sudah memiliki keterampilan yang cakap dalam menggunakan media pembelajaran, Apabila guru tidak memiliki keterampilan, proses pembelajaran tidak akan kondusif. 5. Dalampenggunaan media pembelajaranPendidikan Agama Islamterdapatfaktorpendukungdanpenghambat, diantaranya: a. Faktorpendukung:keadaanlingkungan yang kondusif,antusiassiswa yang cukupbesardalammengikutipembelajaran PAIdenganmenggunakan media pembelajaran. b. Faktorpenghambat:gangguaninstalasipadalistrik,kerusakanpadaalat media. Kata kunci :Media PembelajaranPendidikanAgama Islam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Indah Wijaya Antasari |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 08:26 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 08:26 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/678 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |