Kholishotul, Mazidah (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI PEMBIASAAN MUFRADAT DI TK AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
Text
KHOLISHOTUL MAZIDAH_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI PEMBIASAAN MUFRADAT DI TK AL IR.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (438kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran bahasa Arab memiliki banyak unsur yang harus dipelajari, dan unsur-unsur tersebut tidak dapat dipisahkan. Salah satu unsur yang penting yaitu unsur mufradat. Dengan adanya penguasaan mufradat yang banyak dan mumpuni dapat menentukan keberhasilan dalam hal menggunakan bahasa itu sendiri serta membantu menunjang tercapainya empat kemahiran dalam berbahasa, yakni kemahiran menulis, membaca, mendengarkan, dan berbicara. Agar penguasaan mufradat yang telah dipelajari pada anak tidak mudah hilang dalam ingatan, maka salah satu metode yang dinilai dapat membantu anak yaitu dengan adanya proses pembiasaan atau pengulangan secara terus menerus. Penulis mengambil judul tentang Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Pembiasaan Mufradat di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Judul ini penulis susun karena di sekolah tersebut sudah baik dalam mengimplementasikan pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam pembiasan mufradat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab melalui pembiasaan mufradat di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research, dengan menggunakan pendekatan data kualitatif dan penelitian ini bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah dan Guru TK Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Adapun objek penelitiann ini adalah pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab melalui pembiasaan mufradat di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran bahasa Arab melalui pembiasaan mufradat sudah berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dengan penerapan pembiasaan berbahasa Arab setiap harinya yang dilakukan oleh guru dan anak. Pembelajaran bahasa Arab dengan pembiasaan mufradat di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto meliputi tahap perencanaan seperti penyusunan RPPH, kurikulum dan lainnya sebelum melakukan pembelajaran. Tahap pelaksanaan atau inti berupa proses pengenalan pembelajaran mufradat kepada anak, dan upaya pemeliharaan pembiasaan mufradat bagi anak, kemudian adanya tahap evaluasi yang dilakukan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BAhasa Arab untuk Anak, Mufrodat, Model Pembiasaan |
Subjects: | 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 23:52 |
Last Modified: | 04 Dec 2019 23:52 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6708 |
Actions (login required)
View Item |