Khatimah, Chusnul (2019) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ ALQUR’AN DI PKBM DARUL QUR’AN AL-KARIM BATURADEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI FULL CHUSNUL.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Motivasi belajar adalah sesuatu yang mendorong, menggerakan dan mengarahkan siswa dalam belajar. Prestasi belajar adalah suatu hasil yang telah diperoleh atau dicapai dari aktivitas yang telah dilakukan atau dikerjakan. Pembelajaran tahfidz Al-Qur’a ̅n adalah suatu proses yang menghasilkan perubahan-perubahan akan kemampuan menghafal dan memahami Al-Qur’a ̅n dimana kemampuan itu bersifat permanen yang dapat ditunjukkan dengan perubahan pengetahuan, pemahaman, sikap, tingkah laku, keterampilan maupun kebiasaan-kebiasaan atau perubahan aspek lainnya. Jenis peneliian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif, yakni menerima hipotesis serta dengan penelitian deskriptif digunakan untuk mengumpulkan data dan mengetahui objek yang diteliti. Dalam penelitian ini penulis menggunakan sampel dengan populasi penuh karena jumlah siswa yang terbilang sedikit. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah dokumentasi, observasi dan angket, sedangkan analisis data penelitiannya yaitu menggunakan program SPSS versi 16.0 yang terdiri dari uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi blajar siswa dalam pembelajaran tahfidz di PKBM Darul Qur’an Al-Karim, menunjukkan adanya hubungan dengan rata-rata nilai F hitung 54,702 sedangkan probabilitas 0,000 <0,005, sehingga H0 ditolak dan menerima Ha yang berarti ada hubungan yang kuat antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran tahfidz. Prestasi belajar siswa pada pembelajaran tahfidz di PKBM Darul Qur’an Al-Karim terbilang dalam kategori amat baik yakni rata-rata nilai yaitu 82,17741 atau jika dibulatkan ialah 82. Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an terbilang cukup kuat.. Berkaitan dengan hipotesis alternatif dalam penelitian ini yang berbunyi “ada hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an” diterima. Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’a ̅n.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, Prestasi belajar, tahfidz |
Subjects: | 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | K Kristiarso |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 03:48 |
Last Modified: | 04 Dec 2019 03:48 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6705 |
Actions (login required)
View Item |