PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN MEMAHAMI TEKS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MAJALAH ANAK PADA SISWA KELAS V MISIBYANUL HILAL PLANA KEC. SOMAGEDE KAB. BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2011/2012

UMI NUR ROHMAWATI, NIM. 082335029 (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN MEMAHAMI TEKS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MAJALAH ANAK PADA SISWA KELAS V MISIBYANUL HILAL PLANA KEC. SOMAGEDE KAB. BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
UMI NUR ROHMAWATI_PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN MEMAHAMI TEKS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MAJALAH ANAK PADA SISWA KELAS V MISIBYANUL HILAL PLANA KEC. SOMAGEDE KAB. BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (681kB) | Preview

Abstract

Salah satupermasalahanpokok yang dialamisiswadalam pembelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan memahami teks dengan membaca olehminimnyapenggunaan media pembelajaranoleh guru. Hal tersebutmembuat proses belajarmengajartidakberlangsungsecaraaktif. Menurutpeneliti, guru sebaiknyamembuatmetodepembelajaran yang lebihmenguatkanpemahamansiswadalammembacateks.Salah satuimplementasi model pembelajaraniniadalahdenganmemanfaatkanperanmajalahanaksebagai media pembelajaranuntukmeningkatkankemampuanmembacapadaumumnyadanmemahamialurceritapadakhususnya.Penelitianinidilakukanuntukmeningkatkanprestasibelajarmatapelajaranbahasa Indonesia pokokbahasanmemahamiteksdenganmenggunakanmajalahanakpadasiswakelas V MI SibyanulHilal Plana tahunpelajaran 2011/2012. Untuk meningkatkan prestasi belajara bahasa Indonesia pokok bahasan memahami teks dengan membaca peneliti dan guru melaksanakanpenelitiantindakankelas (PTK). Tahapanpenelitiannnyameliputirancangan, implementasiataupelaksanaan, observasi, danrefleksi.Teknikpengumpulan data yngdigunakanadalahtes, observasi, wawancara, dandokumentasi. Penelitian ini menggunakan 2 (dua) siklus dengan objek penelitian peningkatan prestasi belajar dalam memahami materi pokok bahasan memahami teks dengan membaca melalui media majalah anak. Tehnik analisis data untuk mengukur keberhasilan PTK menggunakan tehnik analisis statistik deskriptif dengan tolak ukur nilai rata-rata siswa ≥ 65 dan prosentase ketuntasan nilai siswa ≥ 80 %. Hasiltesjugamenunjukanprestasi yang tinggiyaitu 100% dinyatakantuntaspadasiklus II, sebelumnyapadasiklus I 72% sedangkansebelumadanyatindakansebesar 33,33%. Jaditerjadipeningkatansebesar 66,67%. Penelitian Tindakan Kelas ini berhasil untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pokok bahasan memahami teks dengan membaca menggunakan media majalah anak. Kata kunci: pembelajaranbahasa Indonesia pokokbahasanmemahamiteksdan media majalahanak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 04 Aug 2016 01:31
Last Modified: 04 Aug 2016 01:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/650

Actions (login required)

View Item View Item