USWATUN HASANAH, 1423305131 (2019) IMPLEMENTASI PENILAIAN FORMATIF DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS VI DI MI MUHAMMADIYAH KARANGLEWAS KIDUL KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS USWATUN HASANAH NIM. 1423305131. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (656kB) | Preview |
|
|
Text
USWATUN HASANAH_IMPLEMENTASI PENILAIAN FORMATIF DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS VI DI MI MUHAMMADIYAH KARA.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAKSI.docx Download (15kB) |
||
Text
USWATUN HASANAH_IMPLEMENTASI PENILAIAN FORMATIF DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS VI DI MI MUHAMMADIYAH KARA.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penilaian formatif adalah penilaian yang dilaksanakan pada akhir program belajar mengajar yang dapat memberikan informasi berupa umpan balik untuk melihat tingkat keberhasilan proses belajar mengajar itu sendiri.Mengingat pentingnya penilaian formatif dalam pembelajaran, maka kemudian dilakukan penelitian di MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul. Peneliti menemukan adanya pola-pola tertentu yang digunakan pada implementasi penilaian formatif dalam pembelajaran IPA kelas VI. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penilaian formatif dalam pembelajaran IPA kelas VI di MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas.Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahobservasi, wawancara, dandokumentasi. Adapun teknikanalisis data menggunakananalisis model Miles danHubermanyaitureduksi data, penyajian data, dankesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahuibahwaimplementasipenilaianformatifdalampembelajaran IPA kelas VI di MI MuhammadiyahKaranglewasKidulKecamatanKaranglewasKabupatenBanyumasmeliputi, pertamasecara umum guru telah merencanakan penilaian formatifmeskipunbelumsecaraoptimalmeliputi: penyusunanrencanapelaksanaanpembelajaran (RPP), menentukan kata kerjaoperasional yang harusdigunakan, mengembangkaninstrumenpenilaian, danmenyusunsoal, keduadalammengimplementasikan penilaian formatif, guru telah menyesuaikan antara perencanaandenganpelaksanaan, ketigadalam proses evaluasiterkaitpenilaianformatif, guru melakukan dua hal yakni memberikan feedback (umpan balik) untukmemperbaikipembelajarandanmelakukan refleksiterhadap proses pembelajaran, keempatterdapatkendala yang dihadapi guru yaitu keterbatasan waktu untuk memberikan feedback dan keterbatasan kemampuan guru dalam mengontrol pelaksanaan penilaian formatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PenilaianFormatif, Pembelajaran IPA, MI MuhammadiyahKaranglewasKidul |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 27 Sep 2019 02:02 |
Last Modified: | 27 Sep 2019 02:02 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6141 |
Actions (login required)
View Item |