PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Ermalia Fatmawati, 1323302010 (2019) PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA PEMBELAJARAN BAHASA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH.docx

Download (18kB)

Abstract

Strategiindex card match digunakan terutama saat materi kosakata. Dengan strategi ini diharapkan siswa lebih mudah menghafal kosa kata bahasa Arab. Karena mudahnya siswa dalam menghafal kosa kata tentu akan memudahkan siswa dalam belajar bahasa Arab. Semakin banyak siswa hafal kosa kata tentu akan memudahkan dalam belajar bahasa Arab baik aktif maupun pasif Fokus dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Penerapan Strategi Index Card Match Pada Pembelajaran Bahasa Arab di SMP Muhammadiyah Cilongok Kabupaten Banyumas?” Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulkan data: observasi,wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Cilongok. Adapun objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Index Card Match Pada Pembelajaran Bahasa Arab.Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman yang dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran Bahasa Arab di SMP Muhammadiyah Cilongok, guru juga sudah mampu melaksanakan langkah-langkah pembelajaran dengan strategi index card match dengan baik, yaitu guru membagi siswa dalam dua kelompok, satu kelompok mendapat potongan kosakata/kalimat, kelompok yang lain mendapat artinyanya. Siswa kemudian diminta mencari pasangannya. Setelah semua kartu berpasangan, guru meminta siswa membacakan kartu dan pasangannya. Guru juga mampu mengkondisikan siswa sehingga pembelajaran berlangsung dengan lancar dan menyenangkan. Selain itu, dengan cara semacam diadakan kompetisi antar kelompok dalam menyelesaikan kegiatan mencari pasangan antara kosa kata dan artinya menjadikan siswa lebih bersemangat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi index card match, Bahasa Arab,SMP
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 01 Aug 2019 01:35
Last Modified: 01 Aug 2019 01:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5822

Actions (login required)

View Item View Item