STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 KARANGNANGKA MREBET PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

ANJAR DWI PURWASIH, NIM. 082338008 (2013) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 KARANGNANGKA MREBET PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ANJAR DWI PURWASIH_STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 KARANGNANGKA MREBET PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2012-2013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (856kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah minimnya alokasi waktu pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di tingkat sekolah dasar. Namun untuk mengembangkan kreatifitas dan potensi peserta didik dalam kegiatan belajar mengajarnya guru pendidikan agama Islam menggunakan beberapa strategi aktif yang tepat dalam pembelajaran pendidikan agama Islam sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research) yaitu pengumpulan data yang dilakukan secara langsung di lokasi penelitian. Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam, sedangkansubjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Strategi pembelajaran adalah cara-cara yang akan digunakan oleh pengajar untuk memilih kegiatan belajar yang akan digunakan selama proses pembelajaran. Pemilihan strategi pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran harus berorientasi pada tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Selama itu juga harus disesuaikan dengan jenis materi, karakteristik peserta didik, serta situasi atau kondisi dimana proses pembelajaran tersebut akan berlangsung. Kriteria yang digunakan dalam memilih strategi pembelajaran yaitu : 1. Berorientasi pada tujuan pembelajaran. 2. Pilih teknik pembelajaran sesuai dengan keterampilan yang diharapkan oleh peserta didik. 3. Gunakan media pembelajaran yang sebanyak mungkin agar peserta didik tidak merasa bosan dalam proses belajar mengajar pendidikan agama Islam. Kata kunci : jenis penelitian, penerapan strategi pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 27 Jul 2016 03:38
Last Modified: 27 Jul 2016 03:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/555

Actions (login required)

View Item View Item