PENERAPAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI MI ISLAMIYAH KARANGPETIR, KECAMATAN TAMBAK, KABUPATEN BANYUMAS

AGUS ISNAN ABDULLAH, NIM. 1423305048 (2019) PENERAPAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI MI ISLAMIYAH KARANGPETIR, KECAMATAN TAMBAK, KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text
Agus Isnan Abdullah_Penerapan Strategi Problem Based Learning.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Mengembangkan pola pikir anak merupakan salah satu tugas bagi sebuah lembaga pendidikan yang dilakukan melalui proses belajar mengajar dikelas. Pengembangan pola pikir akan memperluas wawasan siswa yang sangat berguna dalam kegiatan sehari-hari. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan pola pikir anak adalah menggunakan strategi problem based learning pada proses pembelajaran, seperti yang diterapkan di MI Islamiyah Karangpetir. Dengan latar belakang tersebut penulis dapat merumuskan masalah yaitu “Bagaimana Penerapan Strategi Problem Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di MI Islamiyah Karangpetir, Tambak, Banyumas” Penerapan strategi problem based learning di MI Islamiyah Karangpetir merupakan strategi mengajar yang mengarahkan siswa untuk membentuk serta melatih pola pikir dengan cara menanggapi dan memberikan saran penyelesaian dari sebuah permasalahan yang diberikan guru. Permasalahan tersebut diambil dari materi yang sudah dipelajari dan dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan strategi problem based learning MI Islamiyah Karangpetir dapat menciptakan hubungan yang baik antar siswa, mengembangkan jiwa sosial yang ada pada diri anak, melatih kepercayaan diri anak, melatih kerjasama siswa didalam sebuah kelompok diskusi serta mengembangkan pola pikir dan wawasan siswa kelas III MI Islamiyah Karangpetir. Peneliti melakukan penelitian kualitatif di MI Islamiyah Karangpetir dengan subjek penelitian Kepala Madrasah, Guru Kelas dan Siswa kelas III MI Islamiyah Karangpetir. Objek penelitiannya adalah penerapan strategi problem based learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III MI Islamiyah Karangpetir. Dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang penulis gunakan yaitu Reduksi Data (Data Reduction) dan Penyajian Data (Data Display). Dengan menggunakan modal tersebut, dalam penyajian dan analisis data didapatkan bahwa dalam Penerapan Strategi Problem Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III MI ISLAMIYAH Karangpetir, Kecamatan Tambak, Kabupaten Banyumas dapat dilaksanakan dengan baik, strategi pembelajaran tersebut disesuaikan dengan jenjang pendidikan dan tingkatan berfikir siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembelajaran, problem based learning
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 15 Jul 2019 06:45
Last Modified: 15 Jul 2019 06:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5454

Actions (login required)

View Item View Item