MUTHOHAROH, NIM. 1423302065 (2019) PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs MA’ARIF NU 1 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (626kB) | Preview |
|
Text
MUTHOHAROH_PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs MA'ARIF NU 1 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS.pdf Restricted to Registered users only Download (799kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Ajibarang adalah kelas yang sudah menerapkan metode drill pada mata pelajaran bahasa Arab. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang penerapan metode drill dalam pembelajaran bahasa Arab bagi kelas VII di MTs Ma’arif NU 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas. Suatu metode dalam proses pembelajaran merupakan faktor yang penting. Oleh karena itu, seorang guru harus benar-benar dapat memilih dan menentukan metode pembelajaran bahasa Arab yang tepat dan cocok diterapkan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang bagaimana penerapan metode drill dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII di MTs Ma’arif NU 1 Ajibarang serta apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode drill dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII di MTs Ma’arif NU 1 Ajibarang. Hasil ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan metode drill dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Ma’arif NU 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang penulis gunakan yaitu melalui tiga tahap, pertama reduksi data penulis mengelompokkan data-data dalam penelitian dan membuang data-data yang tidak dibutuhkan. Langkah kedua yaitu penyajian data dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan penerapan metode drill dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Ma’arif NU 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas sudah tepat. Dalam pembelajarannya guru melalui tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode drill dalam penelitian ini sangat efektif karena membuat peserta didik aktif, bertanggung jawab dan dapat bekerja sama dengan teman sebaya mereka dalam satu kelompoknya. Adapun faktor pendukung penerapan metode drill adalah meningkatkan ketangkasan peserta didik, meningkatkan keaktifan peserta didik. Sedangkan faktor penghambat penerapan tersebut adalah peserta didik mudah bosan, keterbatasan sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Drill, Mata Pelajaran Bahasa Arab |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Sdr Prakerin 123 |
Date Deposited: | 15 Feb 2019 03:24 |
Last Modified: | 15 Feb 2019 03:24 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5219 |
Actions (login required)
View Item |