PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS TADABUR ALAM DI SEKOLAH DASAR ALAM SMART KIDS BANJARNEGARA

Deni Triono, NIM. 1123308036 (2016) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS TADABUR ALAM DI SEKOLAH DASAR ALAM SMART KIDS BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
DENI TRIONO_PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS TADABUR ALAM DI SEKOLAH DASAR ALAM SMART KIDS BANJARNEGARA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang disusun dengan tujuan meningkatkan dan mendukung proses belajar siswa. Dalam dunia pendidikan ada berbagai mata pelajaran yang diajarkan salah satunya adalah Pendidikan Agama Islam (PAI). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah proses perubahan tingkah laku akibat interaksi dengan lingkungannya dengan tujuan untuk mencapai pertumbuhan kepribadian yang sesuai dengan ajaran Islam dalam proses kependidikan seluruh aspek kehidupan manusia. Pada era ini guru dituntut untuk berinovasi dalam mengemas pembelajaran agar pembelajaran tidak berpusat pada guru. Untuk itu guru perlu mengemas pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan serta dapat mendekatkan diri kepada sang pencipta, salah satu langkah guru PAI adalah membuat inovasi baru dalam dunia pendidikan yaitu dengan membuat pembelajaran PAI berbasis Tadabur Alam. Tadabbur Alam merupakan sebuah pembelajaran yang menciptakan suasana mengajar yang menyenangkan. Atmosfer belajar tidak menegangkan, komunikasi antara guru dan siswa juga hangat dan juga mementingkan pada active learning, anak dikenalkan pada alam dan diberi pengetahuan tentang benda-benda alam. Kemudia ditanamkan pemahaman, siapa yang menciptakan alam tersebut dan tindakan yang tepat terhadap alam beserta isinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi tadabur alam dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah dasar Alam Smart Kids Banjarnegara. Dalam sekolah tersebut menerapkan konsep sekolah alam yang didalamnya menerapkan strategi tadabur alam dalam pembelajaran pendidikan agama Islam . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian guru yang berjumlah 3 orang dan semua siswa di Sekolah dasar Alam Smart Kids Banjarnegara berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembalajaran PAI di SD Alam Smart Kids Banjarnegara menggunakan strategi tadabur alam yang pada penerapannya menggunakan strategi pembelajaran aktif dan menanamkan nilai-nilai akhlak untuk membentuk karakter siswa sehingga pembelajaran membuat siswa menjadi generasi yang berilmu dan berkarakter. Kata Kunci : Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Tadabur Alam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 22 Jul 2016 07:16
Last Modified: 22 Jul 2016 07:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/504

Actions (login required)

View Item View Item