MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM MODEL KULLIYYATUL MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH GONTOR DI PONDOK PESANTREN DARUL QURRO KAWUNGANTEN CILACAP

SITI TOYIBAH, NIM. 1423402044 (2018) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM MODEL KULLIYYATUL MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH GONTOR DI PONDOK PESANTREN DARUL QURRO KAWUNGANTEN CILACAP. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I - BAB V_DAFTAR PUISTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SITI_MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pondok Pesantren adalah lembaga pendidikan yang mengakar di masyarakat dan memiliki kontribusi besar terhadap pembinaan anak bangsa. Keberhasilan pendidikan Pondok Pesantren ditentukan oleh berbagai faktor, salah satunya manajemen pengembangan kurikulum yang disesuaikan dengan potensi daerah serta tuntutan perkembangan zaman. Manajemen pengembangan kurikulum merupakan sebuah proses pengelolaan kurikulum secara kooperatif, komprehensif, dan sistematik untuk ketercapaian tujuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen kurikulum model Kulliyatul Muallimin al Islamiyah Gontor di Pondok Pesantren Darul Qurro Kawunganten Cilacap. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display/ penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengembangan kurikulum berbasis Kulliyatul Muallimin al Islamiyah Gontor di Pondok Pesantren Darul Qurro Kawunganten Cilacap meliputi: (1) Perencanaan. Perencanaan dilakukan dengan merumuskan tujuan pendidikan, penetapan isi, dan struktur program, serta strategi penyusunan kurikulum secara keseluruhan. (2) Pengorganisasian. Pengorganisasian dilakukan dengan pembagian tugas secara profesional sesuai dengan kemampuan masing-masing sumber daya. Pengorganisasian mencakup perencanaan, implementasi dan evaluasi kurikulum. (3) Implementasi. Kurikulum diimplementasikan dalam kesatuan sistem pendidikan pesantren yang mampu memadukan tri pusat pendidikan, pendidikan keluarga, sekolah dan masyarakat. (4) Evaluasi. Penilaian untuk keperluan perbaikan dan perubahan kurikulum. Pondok Pesantren Darul Qurro Kawunganten Cilacap dalam mengembangkan kurikulum telah menggunakan fungsi manajemen dengan baik sehingga tujuan dapat tercapai. Akan tetapi, dari hasil tersebut masih terus dilakukan perbaikan dan inovasi kurikulum agar tujuan bisa lebih tercapai secara maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pengembangan Kurikulum, dan Pondok Pesantren.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 02 Feb 2019 03:20
Last Modified: 02 Feb 2019 03:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5018

Actions (login required)

View Item View Item