PENERAPAN METODE MIMICRY-MEMORIZATION (MIM-MEM METHOD) DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT DI MTs ASY-SYAFI’IYYAH JATIBARANG KECAMATAN JATIBARANG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2015/2016

AKHILATUL ‘AIN, AKHILATUL ‘AIN (2016) PENERAPAN METODE MIMICRY-MEMORIZATION (MIM-MEM METHOD) DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT DI MTs ASY-SYAFI’IYYAH JATIBARANG KECAMATAN JATIBARANG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB1_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text
AKHILATUL 'AIN_PENERAPAN METODE MIMICRY-MEMORIZATION (MIM-MEM METHOD) DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT DI MTs ASY-SYAFI'IYYAH ~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bahasa sebagai alat untuk berinteraksi dengan yang lainnya dalam berkomunikasi mempunyai peranan penting. Bahasa mempunyai empat ketrampilan yaitu: ketrampilan mendengarkan, membaca, berbicara, dan menulis dari keempat ketrampilan tersebut sesuatu yang tidak lepas menjadi modal utama untuk mencapai empat ketrampilan tersebut adalah mufradat. Mufradat (kosa kata) dalam bahasa Arab merupakan kebutuhan dasar dalam pengajaran bahasa Asing dan sebagai salah satu unsur bahasa yang harus dikuasai oleh pembelajar bahasa asing untuk dapat memperoleh kemahiran berkomunikasi dengan bahasa tersebut. Guna memperoleh kesuksesan dan keberhasilan dalam pembelajaran mufradat diperlukan sebuah metode yang tepat. Salah satu cara mengajarkan mufradat untuk pemula adalah melalui metode mimicry-memorization (Mim-Mem Method). Metode mimicry-memorization (Mim-Mem Method) adalah suatu cara yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab, dimana guru mengucapkan suatu mufradat atau kosakata kemudian siswa menirukan dan menghafalkannya. Melalui metode tersebut, pembelajaran mufradat di MTs. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang terdapat kelebihan yaitu sisiwa mampu melafalkan mufradat dengan baik dan fasih, siswa mampu menghafalkan mufradat, siswa lebih aktif dan bersemangat karena pengucapannya dilakukan secara serentak, siswa mampu berbicara bahasa Arab sesuai dengan materi yang diajarkan, siswa lebih fokus dengan pengucapan guru, dan suasana kelas lebih hidup karena siswa tidak tinggal diam, harus terus menerus merespon stimulus dari guru. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitiannya kualitatif. Dalam penelitian yang penulis lakukan subjek penelitian adalah siswa kelas VII E, F, G di MTs. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang dan guru, sedangkan objek penelitian ini adalah Penerapan metode mimicry-memorization (Mim-Mem Method) dalam pembelajaran mufradat di MTs. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan untuk menganalisis data yaitu menggunakan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa, dalam penerapan metode mimicry-memorization (Mim-Mem Method) dalam pembelajaran mufradat di MTs. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang melalui beberapa proses yaitu: proses pelafalan dan meniru, proses menghafal, proses gramatika, proses diskusi, dan proses variasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Mufradat, Metode Mimicry-Memorization (Mim-Mem Method)
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 19 Jul 2016 01:10
Last Modified: 19 Jul 2016 01:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/483

Actions (login required)

View Item View Item