SAMSUL BAHRI, NIM. 1123306148 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJARMATA PELAJARAN MATEMATIKAPOKOK BAHASAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN MELALUIPEMANFAATAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS II SEMESTER II DI MI MA’ARIF NU 1 RANCAMAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.
|
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
SAMSUL BAHRI_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS II SEMESTER II DI MI MA’ARIF NU 1 RANCAMAYA TAHUN PELAJARAN 20132014.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Proses belajar mengajar yang dilakukan antara guru dan siswa akan menghasilkan prestasi belajar/hasil belajar siswa. Hasil belajar sangat dipengaruhi oleh proses pembelajaran. Keberhasilan dalam pembelajaran tentunya didukung oleh penggunaan media yang tepat, penerapan strategi pembelajaran yang efektif, dan suasana belajar yang nyaman sebagai upaya mencapai tujuan pendidikan.Salah satu mata pelajaran yang sangat penting diajarkan siswa dan diterapkan media/alat peraga benda konkrit adalah matematika. Matematika merupakan disiplin ilmu yang mempunyai sifat khas. Objek matematika merupakan benda pikiran yang sifatnya abstrak dan tidak dapat diamati dengan pancaindera. Salah satu cara untuk menjembatani agar matematika yang bersifat abstrak tersebut mudah dipahami oleh siswa adalah dengan memanfaatkan media dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK adalah suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan atau meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara professional.Subjekpenelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 17 siswa terdiri dari 13 putra dan 4 putri. Sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah mata pelajaran Matematika melalui pemanfaatan alat peraga pokok bahasan perkalian dan pembagian bilangan. Berdasarkan hasil analisis dan hasil temuan, peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa penggunaaan alat peraga bagi siswa kelas II MI Ma’arif NU 1 Rancamaya dengan pokok bahasan Perkalian dan Pembagian Bilangan mampu meningkatkan hasil belajar dan minat belajar siswa. Pada studi awal, siswa yang tuntas belajar sebanyak 6 siswa dari 17 siswa. pra siklus, perolehan nilai siswa yang tuntas hanya ada 6 siswa atau 35,29% dengan rata-rata nilai 68. Dengan keadaan tersebut perlu diatasi segera untuk mencapai Standar Ketuntasan Minimal yaitu 75% yaitu dengan pelaksanaan siklus I. Pada siklus I, siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa dari 17 siswa dengan perolehan persentase sebesar 47,94% dengan rata-rata 75. Pada Siklus II, siswa yang tuntas sudah cukup baik peningkatannya yaitu 16 siswa dari 17 siswa dengan persentase 89,64% dengan rata-rata nilai 84. Kata Kunci : Hasil Belajar, Alat Peraga Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim |
Date Deposited: | 13 Jul 2016 07:13 |
Last Modified: | 13 Jul 2016 07:13 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/462 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |