MANAJEMEN KURIKULUM BOARDING SCHOOL BAGI SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 BANYUMAS

Fatmawati, NIM. 1223303064 (2018) MANAJEMEN KURIKULUM BOARDING SCHOOL BAGI SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FATMAWATI_MANAJEMEN KURIKULUM BOARDING SCHOOL BAGI SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 BA.pdf

Download (972kB) | Preview

Abstract

Manajemen kurikulum memiliki peran penting dalam proses pendidikan yang diselenggarakan oleh sekolah maupun pemerintah. Manajemen merupakan kebutuhan untuk memudahkan pencapaian tujuan manusia dalam organisasi. Manajemen tidak akan terlepas dari kegiatan pembelajaran, karena manajemen merupakan usaha untuk mensukseskan suatu tujuan dalam pendidikan. Kurikulum mencakup semua pengalaman yang diharapkan dimiliki peserta didik di bawah bimbingan guru dengan dititik beratkan pada usaha meningkatkan kualitas interaksi belajar mengajar. Kurikulum dalam lembaga pendidikan formal bertujuan untuk mengatur jalannya transformasi pengetahuan antara pendidik dan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kurikulum boarding school bagi siswa kelas VI MI Negeri 1 Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait manajemen kurikulum boarding school bagi siswa kelas VI MI Negeri 1 Banyumas. Objek dalam penelitian ini adalah kurikulum boarding school bagi siswa kelas VI MI Negeri 1 Banyumas. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data menggunakan teknik reduksi data, deskripsi data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen kurikulum boarding school bagi kelas VI MI Negeri 1 Banyumas dilakukan dengan 3 tahapan yaitu 1) tahap perencanaan, dalam tahap ini seluruh dewan guru dan pengurus ICBS MI Negeri 1 Banyumas melakukan rapat tahunan guna merumuskan langkah apa yang digunakan dalam boarding school; 2) tahap pelaksanaan, terkait proses pelaksanaan boarding school di MI Negeri 1 Banyumas yang menerapkan dua kurikulum yaitu kurikulun kemadrasahan dan kurikulum kepesantrenan; 3) tahap evaluasi, dalam tahap ini MI Negeri 1 Banyumas melakukan penilaian terhadap pelaksanaan kurikulum boarding school yang telah diterapkan, selanjutnya memutuskan untuk melakukan tindakan dalam rangka perbaikan konsep kurikulum maupun pelaksanaan kurikulum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen kurikulum, boarding school
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 20 Sep 2018 03:27
Last Modified: 20 Sep 2018 03:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4347

Actions (login required)

View Item View Item