PENERAPAN METODE YANBU’A PADA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MTs AL-HIDAYAH PURWASABA KECAMATAN MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA

ROZALINA, NIM.1423301114 (2018) PENERAPAN METODE YANBU’A PADA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MTs AL-HIDAYAH PURWASABA KECAMATAN MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ROZALINA_COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ROZALINA_PENERAPAN METODE YANBU'A PADA PEMBELAJARAN BACATULIS AL-QUR'AN DI MTs AL-HIDAYAH PURWASABA KECAMATAN MANDIRAJA K~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didasari dengan adanya permasalahan kemampuan membaca AlQur‟an siswa. Kemampuan siswa yang masih rendah dalam membaca Al-Qur‟an terutama siswa di Madrasah membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tersebut. Di MTs Al-Hidayah Purwasaba pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an merupakan suatu program wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa tanpa terkecuali. Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini ialah bagaimana penerapan metode Yanbu‟a pada pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an di MTs Al-Hidayah Purwasaba. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode Yanbu‟a pada pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an pada siswa di MTs Al-Hidayah Purwasaba. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian lapangan (fieldresearch) dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan bagaimana penerapan metode yanbu‟a pada pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an di MTs AlHidayah Purwasaba Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Subjek dalam penelitiana ini ialah siswa, guru dan Kepala MTs Al-Hidayah Purwasaba. Sedangkan untuk lokasi dari penelitian ini adalah di MTs Al-Hidayah Purwasaba yang berlokasi di Desa Purwasaba Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Hasil dari penelitian penerapan metode Yanbu‟a pada pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur‟an di MTs Al-Hidayah Purwasaba dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) persiapan: pada tahap ini guru menyiapan materi yang akan disampaikan dan segala hal yang berhubungan dengan mateiri. 2) tahap Pembukaan: pada tahap ini pertama guru mengucapkan salam kemudian membaca doa dan dilanjutkan dengan cladroh. 3) kegiatan inti: dimana pada tahap ini guru terlebih dahulu menyampaikan materi secara keseluruhan kepada siswa untuk selanjutnya bisa disampaikan secara individu. 4) tahap penutup: dalam metode Yanbu‟a, sebelum guru mengakhiri pembelajaran, guru membaca doa sebelum mengakhiri pembelajaran untuk selanjutnya membaca salam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an, Metode Yanbu‟a.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.19 Ilmu Al Qur'an Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 03 Aug 2018 00:06
Last Modified: 03 Aug 2018 00:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4064

Actions (login required)

View Item View Item