Jamal Nur Aziz, NIM. 1223301201 (2018) PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL MTs MODERN AL AZHARY AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
JAMIL NUR AZIZ_PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran Agama Islam memilikiperananpentingdalam proses pendidikan. Pembelajaran agama Islam meliputitigapokokpembahasanyaituaqidah, syariat, danakhlak.Banyakkalangan yang menilaibahwakegagalanpembelajaran agama Islam disebabkanolehpembelajaran yang hanyamemperhatikanaspekkognitifsajadanmengabaikanafektifsertapsikomotorikyaitukemauandantekaduntukmengamalkannilai-nilaiajaran agama.Akibatnyaterjadikesenjanganantarapengetahuandanpraktek, sehinggatidakmampumembentukpribadi-pribadi Islam.Dengansistemsekolahberasrama (Islamic Boarding School), siswatidakhanyamendapatkanpelajaransecarakognitif, melainkandapatmengamalkandalamsehari-hari. Berdasarkankajiannya, penelitianinimerupakanjenispenelitianlapangan (field research).Penelitianinidenganmenggunakanpendekatanstudikasusdeskriptifkualitatif.SubjekpenelitianiniadalahKepalaSekolah, Guru, pengelolaasrama, dansiswa.Dalampengumpulan data penelitianmenggunakanteknikwawancara, observasi, dandokumentasi.Metodeanalisis data yang digunakanadalahpolaberfikir Milles danHuberman, yang terdiridari: reduksi data, penyajian data, dankesimpulan. Hasilpenelitianinimenunjukkanpembelajaran agama Islam di Islamic Boarding School MTs Modern Al AzharyAjibarangmeliputi: pembelajaranaqidah, syariat, danakhlakdengankomponenpembelajaran yang samayaitu a. Tujuan, b. Materi, c. Metode, dan d. Evaluasi. Pertama, pembelajaranaqidahmenggunakankitabaqidatul ‘awam di kelas VII, denganmetodehafalan, ceramah, tanyajawab, pembiasaan.Kedua, pembelajaransyariatmenggunakankitabmabadifiqiyahjilid 3 di kelas VII danjilid 4 di kelas IX, denganmetodeceramah, bandongan, sorogan, demontrasi.Ketiga, pembelajaranakhlakmenggunakankitabalala di kelas VII danta’limmuta’alimdi kelas VIII, denganmetodeceramah, bandongan, keteladanan, pembiasaan.Selainpembelajaran di kelasjugaadapembelajaranseraralangsungdalamsehari-harimeliputishalatjamaah, pembabacaanshalawat, tahajud, dzikir, dll.Untukmengetahuitingkatkeberhasilandaripembelajaranakidah, syariatdanakhlak.Ustadz/ustadzahdanpengurusmelakukanevaluasi, dengancaramengamati, mengontrolsetiaphari, teslisandilakukansewaktu-waktu di kelas, testertulisdilakukanketika semester ganjildan semester genap.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Agama Islam, Islamic Boarding School |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sdri Siswa Prakerin |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 09:07 |
Last Modified: | 06 May 2023 01:26 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3560 |
Actions (login required)
View Item |