PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL MTs MODERN AL AZHARY AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Jamal Nur Aziz, NIM. 1223301201 (2018) PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL MTs MODERN AL AZHARY AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
JAMIL NUR AZIZ_PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran Agama Islam memilikiperananpentingdalam proses pendidikan. Pembelajaran agama Islam meliputitigapokokpembahasanyaituaqidah, syariat, danakhlak.Banyakkalangan yang menilaibahwakegagalanpembelajaran agama Islam disebabkanolehpembelajaran yang hanyamemperhatikanaspekkognitifsajadanmengabaikanafektifsertapsikomotorikyaitukemauandantekaduntukmengamalkannilai-nilaiajaran agama.Akibatnyaterjadikesenjanganantarapengetahuandanpraktek, sehinggatidakmampumembentukpribadi-pribadi Islam.Dengansistemsekolahberasrama (Islamic Boarding School), siswatidakhanyamendapatkanpelajaransecarakognitif, melainkandapatmengamalkandalamsehari-hari. Berdasarkankajiannya, penelitianinimerupakanjenispenelitianlapangan (field research).Penelitianinidenganmenggunakanpendekatanstudikasusdeskriptifkualitatif.SubjekpenelitianiniadalahKepalaSekolah, Guru, pengelolaasrama, dansiswa.Dalampengumpulan data penelitianmenggunakanteknikwawancara, observasi, dandokumentasi.Metodeanalisis data yang digunakanadalahpolaberfikir Milles danHuberman, yang terdiridari: reduksi data, penyajian data, dankesimpulan. Hasilpenelitianinimenunjukkanpembelajaran agama Islam di Islamic Boarding School MTs Modern Al AzharyAjibarangmeliputi: pembelajaranaqidah, syariat, danakhlakdengankomponenpembelajaran yang samayaitu a. Tujuan, b. Materi, c. Metode, dan d. Evaluasi. Pertama, pembelajaranaqidahmenggunakankitabaqidatul ‘awam di kelas VII, denganmetodehafalan, ceramah, tanyajawab, pembiasaan.Kedua, pembelajaransyariatmenggunakankitabmabadifiqiyahjilid 3 di kelas VII danjilid 4 di kelas IX, denganmetodeceramah, bandongan, sorogan, demontrasi.Ketiga, pembelajaranakhlakmenggunakankitabalala di kelas VII danta’limmuta’alimdi kelas VIII, denganmetodeceramah, bandongan, keteladanan, pembiasaan.Selainpembelajaran di kelasjugaadapembelajaranseraralangsungdalamsehari-harimeliputishalatjamaah, pembabacaanshalawat, tahajud, dzikir, dll.Untukmengetahuitingkatkeberhasilandaripembelajaranakidah, syariatdanakhlak.Ustadz/ustadzahdanpengurusmelakukanevaluasi, dengancaramengamati, mengontrolsetiaphari, teslisandilakukansewaktu-waktu di kelas, testertulisdilakukanketika semester ganjildan semester genap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Agama Islam, Islamic Boarding School
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 24 Apr 2018 09:07
Last Modified: 06 May 2023 01:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3560

Actions (login required)

View Item View Item