WILDAN RUSLI, NIM. 1223402046 (2017) PEMIKIRAN H.O.S COKROAMINOTO (1882-1934) TENTANG MOESLIM NATIONAL ONDERWIJS DAN IMPLIKASINYA DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Masters thesis, PASCASARJANA IAIN PURWOKERTO.
|
Text
Bagian Depan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (229kB) | Preview |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
||
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) |
||
Text
Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
||
|
Text
Bab VII.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
Bagian Belakang.pdf Download (382kB) | Preview |
Abstract
Terciptanya lembaga pendidikan yang matang dan mapan dalam rangka mencapai tujuan akhir peserta didik memiliki landasan dasar dalam hidup serta mampu mengikuti pergerakan dan perkembangan zaman, adalah konsekuensi mutlak bagi penerapan manajemen pendidikan. Sebab, manajemen inilah yang menggerakkan roda organisasi dan menentukan sukses tidaknya sebuah organisasi. Jika manajemen berjalan dengan profesional, lembaga pendidikan akan stabil dan dinamis. Sejarah merupakan bagian dari hidup dan kehidupan makhluk di muka bumi ini (begitu juga manusia) yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan saat sekarang. Demikian halnya bagi sejarah pendidikan Islam di Indonesia. Jika dahulu di masa penjajahan Kolonial Belanda, rakyat pribumi Indonesia mengalami diskriminasi pendidikan dan pembatasan pemikiran-pemikiran keduniaan dan kerohanian (religius); maka semestinya di zaman ini terbebaskan dari segala bentuk penindasan dan penyempitan pemikiran pendidikan. Namun implikasinya pada sekolah-sekolah di negeri ini dengan dalih dan berbagai istilah telah tergeser dari dasar tujuan utama pendidikan; yaitu menciptakan generasi yang memiliki nilainilai keagamaan dan kebangsaan. Diantara factor penyebab adalah kurang siapnya lembaga pendidikan akibat pergerakan dan pergeseran modernisasi, juga lemahnya menjalankan manajemen pendidikan yang matang dan mapan. Realita lembaga pendidikan sekarang ini tidak terlepas dari catatan sejarah, maka penelitian ini berusaha mengetahui pemikiran H.O.S Cokroaminoto (1882-1934) tentang Moeslim National Onderwijs dan implikasinya dalam manajemen pendidikan Islam. Jenis penelitian ini library research, dan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan historis. Langkahnya adalah dengan mengumpulkan sumber data primer dan sekunder tentang H.O.S Cokroaminoto (1882-1934) dan pemikirannya tentang Moeslim National Onderwijs, serta data lain yang berhubungan dengan fokus penelitian. Kemudian data tersebut diverifikasi dan dianalisa. Dalam penelitian ini diketahui bahwa pemikiran H.O.S Cokroaminoto (1882-1934) tentang Moeslim National Onderwijs telah nyata menguraikan manajemen pendidikan yang dilandasi dengan tauhid, ilmu, dan siasyah; serta tergambar jelas adanya tujuan, prinsip, kurikulum, tahap/ jenjang dan metode pengajarannya. Diketahui pula bahwa implikasinya telah memberikan warna pada lembaga pendidikan (khususnya lembaga pendidikan Islam) melalui manajemen tawarannya. Dan sebagai pemicu bagi pelaksanaan manajemen pendidikan Islam sekarang ini pemikiran tersebut diklasifikasikan melalui perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan yang matang. Akhirnya, kesiapan atas pergeseran serta perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi juga semakin memacu kualitas pendidikan Islam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Moeslim National Onderwijs, Manajemen, Pendidikan Islam |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.37 Perbandingan sistem pendidikan Islam dengan sistem pendidikan lainya |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. lutfie MZ |
Date Deposited: | 07 Dec 2017 02:33 |
Last Modified: | 07 Dec 2017 02:33 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3283 |
Actions (login required)
View Item |