ANALISIS KESESUAIAN ISI BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TINGKAT SMA/MA/SMK/MAK KELAS X KURIKULUM 2013 DENGAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN SAKHIRIN 1323308029

SAKHIRIN, 1323308029 (2017) ANALISIS KESESUAIAN ISI BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TINGKAT SMA/MA/SMK/MAK KELAS X KURIKULUM 2013 DENGAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN SAKHIRIN 1323308029. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SAKHIRIN_ANALISIS KESESUAIAN ISI BUKU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitianinidilatarbelakangi oleh perubahan KurikulumTingkatSatuanPendidikan 2006 menjadi kurikulum 2013, yang menuntutadanya perubahan pada buku pegangan.Sedangkan buku yang disediakanolehpemerintahhendaknya menyesuaikan tingkat perkembangan peserta didik. Polemik kebijakan baru Kurikulum 2013 sebagai perbaikan dari KTSP menjadikan Kemendikbud juga menyediakan buku pelajaran untuk siswa sebagai bahan ajar di sekolah. Maka bagaimana kesesuaian isi materi buku PAI dan Budi Pekerti dengan psikologi perkembangan peserta didik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis kesesuaian isi buku PAI dan Budi Pekerti dengan psikologi perkembangan baik perkembangan spiritual, moral maupun sosial. Penelitian ini adalahjenispenelitianLibrary Research atau penelitian kepustakaan yaitu peneliti mengambil data dari buku-buku, artikel dan tulisan tertentu. Penelitian ini bersifatdeskriptif-kualitatif dimana dalam mengumpulkan data menggunakan teknik dokumentasi. Kemudian metode yang digunakan untuk menganalisis data dengan menggunakan conten anlysis atau analisis isi yaitu memberikan penafsiran terhadap data-data yang telah dikumpulkan. Tujuan menggunakan teknik ini adalah untuk membuat kesimpulan dengan cara mengindentifikasi karakteristik tertentu pada data-data secara objektif dan sistematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa isi buku PAI dan Budi Pekerti yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2017 telah sesuai dengan psikologi perkembangan, baik perkembangan spritiual yang ditandai dengan wacana-wacana yang mengandung unsur religi dalam setiap babnya dimana peserta didik sudah mampu memahami agama yang abstrak dan hipotesis, kemudian perkembangan moral yang disajikan dengan materi-materi yang mengandung konsep moralitas seperti kejujuran, keadilan, kedisiplinan, serta perkembangan sosial yang disajikan lebih banyak pada bagian “mengkritisi sekitar kita”. Hal ini dikarenakan pada bagian tersebut banyak ditampilkan contoh-contoh yang bernuansa sosial, dimana seorang remaja sudah mampu memperhatikan norma dan memahami orang lain. Akan tetapi masih terdapat beberapa kekurangan yaitu pada bab IV dan bab X tidak mengandung unsur perkembangan sosial dan bab VIII tidak ada unsur perkembangan spiritual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesesuaian Isi, Buku PAI dan Budi Pekerti, Psikologi Perkembangan.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 07 Dec 2017 01:14
Last Modified: 07 Dec 2017 01:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3269

Actions (login required)

View Item View Item