PENGARUH FAKTOR BUDAYA, FAKTOR EMOSIONAL DAN FAKTOR RASIONAL TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH BANK MUAMALAT KCU PURWOKERTO

Wahyu, Rachmawati (2025) PENGARUH FAKTOR BUDAYA, FAKTOR EMOSIONAL DAN FAKTOR RASIONAL TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH BANK MUAMALAT KCU PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Wahyu Rachmawati_2017202259.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan ekonomi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia, salah satunya melalui sektor perbankan. Di Indonesia, dengan mayoritas penduduk beragama Islam, perkembangan perbankan syariah mengalami pertumbuhan yang pesat. Perbankan syariah hadir sebagai alternatif perbankan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam guna menghindari praktik riba. Kepercayaan masyarakat terhadap bank syariah mendorong peningkatan jumlah nasabah serta meluasnya jaringan perbankan syariah di berbagai wilayah. Seperti halnya Bank Muamalat KCU Purwokerto yang merupakan bank syariah pertama yang didirikan di Purwokerto sehingga menjadi peluang untuk mengembangkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor budaya, faktor emosional dan faktor rasional terhadap keputusan nasabah dalam memilih Bank Muamalat KCU Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Data penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dari pengumpulan data kuesioner melalui penyebaran kuesioner secara langsung. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 390 responden dan menggunakan rumus Slovin untuk pengambilan jumlah sampel. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) faktor budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih Bank Muamalat KCU Purwokerto, (2)faktor emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih Bank Muamalat KCU Purwokerto,(3) faktor rasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih Bank Muamalat KCU Purwokerto, dan (4) faktor budaya, faktor emosional dan faktor rasional secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan nasabah dalam memilih Bank Muamalat KCU Purwokerto. Kata Kunci: Faktor Budaya, Faktor Emosional, Faktor Rasional, Keputusan Nasabah, Bank Syariah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Faktor Budaya, Faktor Emosional, Faktor Rasional, Keputusan Nasabah, Bank Syariah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: WAHYU RAHMAWATI sdri
Date Deposited: 07 Jul 2025 01:16
Last Modified: 07 Jul 2025 01:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31565

Actions (login required)

View Item View Item