EVALUASI PENERAPAN PEMBELAJARAN MAHARAH QIRO'AH PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR FASE D DI MTS N 2 CILACAP

Zahrotul, Maulidah (2025) EVALUASI PENERAPAN PEMBELAJARAN MAHARAH QIRO'AH PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR FASE D DI MTS N 2 CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Revisi Munaq Zahro fix (1).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna mendeskripsikan secara menyeluruh mengenai bagaimana penerapan pembelajaran maharah qiro’ah pada kurikulum merdeka belajar fase D di MTs N 2 Cilacap. Pada sistem satuan pendidikan di Indonesia, tolak ukur pendidikan dinilai layak atau tidaknya dilihat dari penyajian Kurikulum yang berkualitas. Setiap tahunnya, sistem Kurikulum terdapat banyak perubahan salah satunya yaitu Kurikulum Merdeka Belajar. Begitu juga dalam pembelajaran Bahasa Arab di MTs N 2 Cilacap telah menerapkan model Kurikulum tersebut. Dikarenakan siswa menganggap Bahasa Arab sulit dipahami, maka usaha merubah aturan ini diharapkan dapat membantu siswa dalam belajar Bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Alasannya, masalah yang akan diteliti perlu pemecahan bersifat perbandingan dan penggabungan fakta realita di lapangan. Kemudian metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teori reduksi data, penyajian data serta kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran Bahasa Arab di MTs N 2 Cilacap belum maksimal terlaksana. Penerapan Kurikulum ini masih terhambat oleh beberapa pihak sekolah serta banyaknya pemahaman siswa tentang kesulitan belajar Bahasa Arab. Sebaiknya kepada semua pihak MTs N 2 Cilacap untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya upgrade baik sinkronisasi dalam praktik dengan berinovasi terkait gaya mengajar, metode, strategi, isi materi, model, media maupun evaluasi yang digunakan saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Kurikulum Merdeka Belajar, Hambatan.
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Zahrotul Maulidah
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:54
Last Modified: 03 Jul 2025 06:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31477

Actions (login required)

View Item View Item